Bugar

Kenali 5 Manfaat Bunga Tapak Dara untuk Kesehatan

Kenali 5 Manfaat Bunga Tapak Dara untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Bunga tapak dara adalah salah satu jenis tanaman hias dengan banyak manfaat.  Tanaman ini digunakan sebagai obat untuk mengatasi kolesterol, diare, hingga kanker.

Jenis bunga tapak dara ini memiliki karakteristik berupa batang yang lentur, bentuk daun oval, dengan warna kelopak ungu sedikit cerah.

Termasuk dalam tanaman perdu, bunga tapak dara tumbuh secara berkelompok dengan tinggi tanaman maksimal hingga satu meter. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Belimbing Wuluh, Salah Satunya Bisa Menurunkan Hipertensi

Manfaat bunga tapak dara untuk kesehatan dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini: 

Mengatasi sariawan

Manfaat bunga tapak dara untuk kesehatan yang pertama bisa mengatasi sariawan. Kandungan tanin pada bunga tapak dara bisa membantu meredakan nyeri dan bengkak akibat sariawan.

Sariawan umumnya terjadi karena adanya luka atau area mulut yang tidak higienis.

Mencegah terjadinya kerusakan oksidatif

Manfaat bunga tapak dara untuk kesehatan yang kedua adalah mencegah terjadinya kerusakan oksidatif. 

Manfaat bunga tapak dara berikutnya yaitu membantu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif yang muncul karena paparan radikal bebas secara berlebih.

Ini berkat peran flavonoid yang membantu mengurangi risiko munculnya berbagai penyakit kronis. Misalnya tekanan darah tinggi, aterosklerosis, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson. 

Mengobati diare

Manfaat bunga tapak dara untuk kesehatan yang ketiga adalah mengobati diare. Para ahli herbal menggunakan tanaman ini untuk mengobati keluarnya cairan yang tidak normal, seperti diare atau gusi berdarah.

Para ahli telah menggunakan tapak dara untuk sakit kepala, vertigo, dan ingatan yang buruk sejak abad pertengahan.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Dampak Buruk Terlalu Sering Menahan Kentut

Mencegah tekanan darah tinggi dan diabetes

Bunga tapak dara memiliki alkaloid yang dijadikan ekstrak dari daunnya. Kandungan yang terdapat dalam bunga tapak dara ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Sementara kandungan senyawa vindoline dan vindolicine didalamnya mampu menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat mencegah risiko penyakit diabetes.

Mencegah kolesterol 

Manfaat bunga tapak dara untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah kolesterol. Kandungan vinpocetine dan flavonoid yang terdapat pada ekstrak bunga daun tapak dara bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol tubuh.

Selain itu, dua senyawa tersebut bekerja aktif dalam membantu menurunkan trigliserida, kolesterol jahat, dan kadar kolesterol total. 

Itulah beberapa manfaat bunga tapak dara yang banyak digunakan untuk menunjang kesehatan tubuh. Meski memiliki banyak manfaat, pastikan Anda sudah bertanya pada dokter sebelum menggunakannya sebagai pilihan pengobatan alternatif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News