HOME, Santai

Kenali 5 Manfaat Buah Kelengkeng Merah untuk Kesehatan

Kenali 5 Manfaat Buah Kelengkeng Merah untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Buah kelengkeng merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki banyak peminat. Hal ini lantaran rasanya yang manis dan diperkaya oleh bermacam kandungan nutrisi.

Namun, selayaknya buah kelengkeng secara umum, kelengkeng merah atau ruby red longan mengandung berbagai nutrisi penting.

Contohnya seperti vitamin C, A, zat besi, kalium, potassium, magnesium, fosfor, niasin, kalsium, mangan, thiamine, serat, protein, riboflavin, karbohidrat, serta kalori. 

Nah, berdasarkan kandungan nutrisinya, mengonsumsi kelengkeng merah diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Sumber vitamin C

Salah satu manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan adalah sumber vitamin C yang baik. Dalam data USDA Food Composition Databases, disebutkan kandungan vitamin C pada buah kelengkeng adalah 84 mg.

Kadar vitamin C dalam buah kelengkeng ini setara dengan 140% asupan harian yang direkomendasikan.

Baca Juga: Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

2. Meningkatkan memori

Studi tikus lain dari Journal of Ethnopharmaecology, menunjukkan bahwa pemberian ekstrak polifenol kelengkeng pada tikus menyebabkan peningkatan memori selama 14 hari.

Para penulis dalam jurnal National Library Health of Medicine menduga manfaat buah kelengkeng dapat melindungi neuron dopamin di otak dari kerusakan.

3. Mengandung berbagai Polifenol

Buah kelengkeng adalah sumber polifenol. Menurut jurnal Frontiers in Nutrition, polifenol adalah senyawa kimia yang dianggap memiliki efek kesehatan yang bermanfaat.

Di antara manfaat buah kelengkeng ini, peneliti menemukan bahwa polifenol mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk mengatur tekanan darah, kadar lemak, peradangan, dan resistensi insulin.

4. Anti Peradangan

Pada studi dengan tikus dalam jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine, ekstrak kelengkeng menunjukkan efek penghambatan oksidasi, penurunan tingkat peradangan, dan meningkatkan kadar antioksidan plasma yang tinggi.

Baca Juga: Manfaat Ampas Kopi untuk Menghitamkan Rambut Alami

5. Mengobati Anemia dan Kekurangan Zat Besi

Ekstrak kelengkeng, bersama dengan herbal asli lainnya, digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk menyembuhkan anemia, trombositopenia, dan gangguan terkait darah lainnya.

Dalam Peer Journal, diidentifikasi bahwa wanita perkotaan yang tidak mengonsumsi zat besi dengan takaran yang dianjurkan WHO (<5 porsi buah atau sayuran per hari) berada pada risiko yang lebih tinggi dari anemia sedang dan berat.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah kelengkeng merah. Mulai dari membantu melancarkan dan  mengendalikan tekanan darah, hingga melindungi tubuh dari radikal bebas.

Secara umum, kandungan nutrisi pada kelengkeng merah dengan kelengkeng berkulit kuning tidaklah berbeda jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News