HOME, Hemat

Kenali 5 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat, Mulai Batasi Yuk!

Kenali 5 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat, Mulai Batasi Yuk!

MOMSMONEY.ID - Sering mengalami masalah jerawat? Jerawat adalah masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan dan bisa dialami oleh siapa saja. Jika Anda merasa jerawat selalu muncul, mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu makanan yang dikonsumsi. 

Kandungan yang terdapat di dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat merangsang kelenjar minyak di wajah sehingga bisa memunculkan jerawat. Jika ingin memiliki kulit sehat dan bersih, sebaiknya Anda mulai mengurangi bahkan menghentikan mengonsumsi makanan tersebut. 

Melansir dari garnier.co.id, berikut beberapa makanan yang bisa menyebabkan jerawat, yaitu: 

1. Karbohidrat Tidak Kompleks

Roti tawar atau roti putih

Makanan penyebab munculnya jerawat pertama adalah karbohidrat tidak kompleks. Contohnya seperti roti, pasta, mie, dan segala olahan makanan dari tepung lainnya.

Jenis makanan ini bisa membuat tubuh Anda memproduksi lebih banyak sebum. Selain itu, juga bisa bikin tinggi indeks glikemik dan memicu kemunculan jerawat.

Agar terhindar dari jerawat, sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran segar dan biji-bijian.

2. Permen dan Cokelat

Makanan penyebab munculnya jerawat selanjutnya adalah permen dan cokelat. Kedua jenis makanan ini mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi dan bisa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

Kandungan di dalam permen dan cokelat kemasan juga bisa menjadi salah satu penyebab peningkatan hormon yang menjadi penyebab jerawat muncul.

Selain itu, serat elastin dan kolagen dalam kulit Anda pun terancam rusak sehingga kulit jadi kering dan sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori. Sehingga hal itulah yang menyebabkan jerawat jadi sering muncul. 

Baca Juga: Ketahui 3 Manfaat Menggunakan Face Scrub untuk Perawatan Kulit Wajah

3. Gorengan

Gorengan

Berikutnya, makanan yang menyebabkan jerawat yaitu gorengan. Siapa yang tak suka dengan makanan yang satu ini, banyak orang yang menyukai gorengan. Penyebab jerawat yang paling sering dijumpai karena konsumsi minyak secara berlebihan.

Salah satu makanan yang bisa bikin penumpukan minyak berlebih contohnya seperti pisang goreng, tahu isi, cireng, bakwan, dan segala macam jajanan yang biasanya dijual dalam gerobak kaki lima.

Kemudian, Anda juga harus membatasi makan makanan atau lauk pauk yang dimasak dengan menggunakan rendaman minyak goreng, seperti ayam goreng atau kentang goreng.

Makanan yang banyak minyaknya tidak hanya membuat kelebihan lemak, jika jumlahnya sudah berlebihan, minyak akan keluar melalui pori-pori kulit dan menumpuk di sana. Hal ini yang bisa membuat jerawat Anda muncul. 

4. Makanan Olahan Susu

Makanan olahan susu juga termasuk makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Keju terbuat dari bahan dasar susu sapi yang difermentasi. Biasanya sumbernya adalah sapi yang hamil yang mana tubuhnya sedang mengandung banyak hormon.

Kandungan di dalam susu ini bisa memicu kelenjar minyak dalam tubuh Anda sehingga terus memproduksinya secara berlebihan. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu kemunculan jerawat. Untuk menghindarinya, segera batasi konsumsi keju atau makanan olahan dari susu lainnya seperti susu dan yogurt.

5. Makanan dan Minuman Beralkohol

Terakhir, Makanan yang menyebabkan jerawat adalah yang mengandung alkohol. Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat muncul. 

Hal ini dikarenakan konsumsi alkohol bisa meningkatkan produksi urin dan membuat tubuh kehilangan cairan. Sehingga kulit terasa kering dan pada akhirnya membuat sel-sel kulit mati numpuk di pori-pori. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi atau berhenti mengonsumsi makanan dan minuman yang beralkohol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News