HOME, Bugar

Kenali 5 Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Kenali 5 Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

MOMSMONEY.ID - Memiliki pori-pori yang besar sangat mengganggu penampilan wajah. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dengan menggunakan produk skincare.

Kini, telah banyak produk skincare yang diklaim mampu mengecilkan pori-pori. Sehingga, hasil yang diharapkan kulit menjadi lembut dan kenyal. Pastikan produk skincare yang Anda pilih mengandung beberapa bahan di bawah ini. 

Melansir dari nose.co.id, ada beberapa kandungan skincare yang dipercaya mampu mengecilkan pori-pori wajah, yaitu:

1. Retinol/Retinoid

Kandungan skincare pertama adalah Retinol/Retinoid. Kandungan ini banyak ditemukan pada produk perawatan anti aging. Retinol berfungsi untuk menstimulasi pembentukan kolagen serta sel kulit baru. Hasilnya kulit Anda akan menjadi kenyal, kencang dan pori-pori menjadi kecil. 

Akan tetapi penggunaan retinol tidak boleh sembarangan. Jika Anda baru pertama kali menggunakan retinol, hindari produk dengan kandungan retinol yang tinggi. Retinol juga tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan produk dengan kandungan vitamin C maupun AHA/BHA.

2. Niancinamide

Niancinamide adalah salah satu kandungan skincare yang kini sangat terkenal. Sebab manfaat yang ditawarkan cukup banyak salah satunya mengatasi pori-pori besar. Jika Anda rutin memakai produk dengan niancinamide akan menghasilkan produksi sebum menjadi berkurang. Sebum yang telah ada pun tidak banyak yang akan teroksidasi menjadi blackhead.

Baca Juga: Sebaiknya Mulai Konsumsi Kurma di Pagi Hari. Berikut Ini 6 Manfaatnya

3. Clay atau Tanah Liat

Kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori selanjutnya dengan bahan Clay atau Tanah Liat. Produk berbahan clay biasanya bisa Anda temukan pada masker dan pembersih wajah.

Clay memiliki fungsi untuk menyerap produksi minyak berlebih serta kotoran pada kulit. Sehingga, pori-pori pun menjadi lebih kecil.

Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya memilih produk dengan kaolin clay karena daya serap minyaknya yang masih bersahabat dengan kulit kering. Sedangkan pemilik kulit berminyak bisa menggunakan produk dengan bentonite clay yang bisa menyerap minyak dengan lebih baik.

4. Glycolic Acid / AHA

Pada produk eksfoliasi, kandungan AHA atau Glycolic Acid cukup sering Anda temukan. Sebab AHA berfungsi untuk mengatasi penyumbatan pada pori-pori kulit akibat sel kulit mati, debu maupun sisa riasan.

Sehingga, bahan ini juga dikenal karena fungsinya sebagai pengencang pori-pori. Anda bisa menggunakan Glycolic Acid / AHA  di hari di mana Anda sedang tidak mengenakan retinol. Glycolic Acid / AHA  juga biasanya cukup ramah pada kulit sensitif maupun kulit kering. 

5. Salicylic Acid / BHA

Kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori lainnya adalah Salicylic Acid / BHA. Salicylic Acid atau BHA bisa berperan dalam memecah kotoran dan minyak sehingga meminimalisir terjadinya penyumbatan pada kulit. Sehingga pertumbuhan masalah jerawat dapat dicegah. Kandungan ini juga bisa membuat pori-pori Anda menjadi kecil. 

Selanjutnya: Ketahui 4 Kandungan Skincare untuk Melindungi Kulit dari Paparan Polusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News