HOME, Keluarga

Kenali 5 Jenis Wall Panel Untuk Berbagai Kebutuhan, Apa Saja?

Kenali 5 Jenis Wall Panel Untuk Berbagai Kebutuhan, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Selain cat dinding dan wallpaper, wall panel atau panel dinding merupakan salah satu pilihan pelapis dinding rumah yang bisa Anda gunakan.

Dibandingkan dengan cat dinding dan wallpaper, wall panel menawarkan beragam kelebihan. Misalnya, memberi efek 3 dimensi yang estetik pada dinding rumah dan panel yang bisa dibongkar-pasang sesuai keinginan.

Mungkin Anda mengira bahwa semua wall panel itu sama saja. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis wall panel yang dapat dikelompokkan menurut fungsinya?

Nah, supaya tidak keliru saat membeli wall panel, Anda perlu mengetahui jenis-jenis wall panel yang banyak beredar di pasaran. Dilansir dari Gharpedia, berikut penjelasan mengenai jenis wall panel untuk berbagai fungsi dan kebutuhan.

Baca Juga: Mengenal Wall Panel, Papan Dinding yang Serbaguna untuk Rumah

Dekoratif

Pertama, ada wall panel jenis dekoratif. Sesuai dengan namanya, wall panel ini berfungsi sebagai aspek dekoratif yang dapat meningkatkan estetika suatu ruangan.

Wall panel dekoratif bisa terbuat dari bermacam-macam bahan, mulai dari metal, kain, gipsum, papan, hingga PVC.

MDF

Selanjutnya, ada wall panel MDF alias medium density fiberboard. Wall panel tipe MDF biasanya terdiri dari lembaran-lembaran papan yang dilapisi dengan lapisan melamin pada permukaannya.

Wall panel jenis ini memiliki sifat seperti ubin lantai dan dinding, sehingga mudah untuk dipasang pada dinding. Wall panel MDF bisa digunakan pada ruangan apapun, bahkan dapur dan kamar mandi.

Utilitas

Wall panel dengan jenis utility atau utilitas umumnya berbentuk lembaran papan yang dilengkapi dengan bolongan-bolongan pada permukaannya. Bolongan ini berfungsi untuk memasang paku atau pasak.

Karena dapat dipasangi paku atau pasak, wall panel ini akan berguna untuk menggantung atau menahan benda-benda di permukaannya. Misalnya, Anda bisa memasang rak gantung untuk perlengkapan memasak atau berkebun.

Baca Juga: 6 Tips Mendekorasi Apartemen Studio Supaya Nyaman dan Lega, Simak di Sini!

Akustik

Wall panel akustik berfungsi untuk meredam suara. Selain itu, wall panel akustik juga dapat membantu mengontrol tingkat kebisingan di suatu ruangan.

Karena fungsinya tersebut, wall panel akustik dapat dipasang pada ruangan yang membutuhkan fitur soundproof atau kedap suara, misalnya home theater hingga studio musik.

Eksterior

Terakhir, ada wall panel jenis eksterior. Wall panel ini berfungsi untuk melapisi atau menutupi dinding eksterior rumah, sehingga bagian luar rumah akan terlindung dari gangguan lingkungan sekitar seperti suhu, kelembapan, dan kotoran.

Wall panel eksterior bisa terbuat dari beberapa jenis material bangunan yang kuat dan tahan lama, misalnya beton, kayu, bata, dan lain-lain.

Itulah 5 jenis wall panel atau panel dinding yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, sudah tahu panel jenis apa yang Anda perlukan di rumah?

Baca Juga: Inspirasi Dapur Minimalis Warna Pink yang Estetik dan Kalem, Yuk Intip!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News