HOME, Bugar

Kenali 5 Gejala Kanker Darah yang Perlu Anda Waspadai

Kenali 5 Gejala Kanker Darah yang Perlu Anda Waspadai

MOMSMONEY.ID - Kanker darah adalah penyakit mematikan yang bisa menimpa siapa saja. Jika terdeteksi dini, tingkat kesembuhan leukemia bisa lebih tinggi. Kanker darah dapat menyebabkan beberapa gejala pada pengidapnya. 

Berbeda dengan gejala penyakit kanker lainnya, kanker darah tidak menyebabkan munculnya benjolan atau tumor. Namun, kanker darah dapat menyebabkan komponen darah dalam tubuh terganggu, dilansir dari Heart Education.

Bukan hanya orang dewasa yang dapat mengalami kanker darah, anak-anak pun berisiko mengalami penyakit ini. Untuk itu, tidak ada salahnya mengenali beberapa gejala kanker darah agar kondisi ini dapat ditangani dengan baik.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Merangkum dari Heart Education dan Health Focus, berikut ini beberapa gejala yang perlu Anda ketahui tentang kanker darah agr bisa mengobatinya lebih dini.

1. Perdarahan dan sering muncul memar

Sebaiknya jangan abaikan kondisi kesehatan jika Anda sering mengalami perdarahan dan muncul memar tanpa alasan tertentu. Hal ini bisa terjadi ketika ada gangguan pada trombosit yang dapat membantu penggumpalan darah.

2. Perdarahan yang tidak biasa

Mirip dengan memar, mimisan yang tidak biasa atau perdarahan pada gusi, usus, paru-paru, atau kepala mungkin merupakan tanda defisiensi trombosit dan masalah pembekuan, yang dapat menunjukkan bentuk leukemia akut.

3. Sakit kepala berdenyut

Meski tidak umum, sakit kepala berdenyut-denyut mungkin merupakan tanda anemia terkait leukemia, atau bahkan kasus perdarahan yang mengancam jiwa di kepala.

Baca Juga: 4 Fakta Tubuh Bisa Mengidap Alergi Dingin yang Harus Anda Ketahui

4. Anemia

Anemia menjadi salah satu gejala kanker darah yang paling umum. Kondisi ini bisa terjadi akibat tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selain itu, gejala ini juga bisa terjadi ketika salah satu komponen darah tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

5. Ruam atau gatal-gatal pada kulit

Selain memar, kanker darah juga memicu munculnya ruam pada kulit. Hal ini disebabkan kadar trombosit yang rendah. Meskipun jarang terjadi, pengidap kanker darah juga rentan mengalami gatal-gatal pada kulit.

Biasanya, pengidap kanker darah limfoma rentan mengalami gatal-gatal pada kulit. Gatal dapat terasa mengganggu. Bahkan, terkadang memicu sensasi panas pada kulit yang gatal.

Itulah gejala kanker darah yang perlu diketahui. Selain gejala tersebut ada beberapa gejala umum lainnya yang perlu Anda waspadai sebagai kanker darah, seperti demam, berkeringat pada malam hari, nyeri tulang, hingga penurunan berat badan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News