HOME, Bugar

Kenali 5 Fakta Virus Florona yang DItemukan Pertama Kali di Israel

Kenali 5 Fakta Virus Florona yang DItemukan Pertama Kali di Israel

MOMSMONEY.ID - Virus corona bisa menyerang bersamaan dengan virus flu. Penyakit ini disebut dengan istilah Florona. Baru-baru ini, negara Israel melaporkan kasus pertama infeksi ganda kedua jenis virus ini, dilansir dari India Today.

Secara sederhana, virus Florona ini adalah kondisi ini terjadi ketika kedua jenis virus menginfeksi dalam waktu bersamaan.

Melansir pemberitaan media, ditemukan kasus pertama Florona di Israel. Kabarnya, kasus pertama ini terdeteksi pada seorang wanita yang tengah hamil dan belum mendapatkan vaksin COVID-19 sebelumnya. 

Baca Juga: 6 Penyakit Ini Mudah Menyebar Jika Malas Cuci Tangan

Dikutip dari Times of Israel dan News In Asia, berikut ini 5 fakta tentang virus Florona yang terjadi pertama kali di Israel yang perlu Anda ketahui dan waspadai, antara lain:

1. Arti Florona

Fakta tentang virus Florona yang pertama adalah arti dari Florona itu sendiri. Florona atau Flurona merupakan kasus infeksi ganda influenza dan COVID-19.

Artinya, seseorang terinfeksi kedua virus itu pada saat yang bersamaan.

2. Bukan kasus pertama di dunia

Fakta tentang virus Florona yang kedua adalah ternyata Florona bukan kasus pertama yang ada di dunia. Namun beberapa laporan mengungkapkan bahwa ini menjadi tanda kasus infeksi ganda pertama di dunia.

Tetapi, ternyata laporan pasien yang mengalami infeksi ganda flu dan COVID-19 sudah lebih dulu muncul di Amerika Serikat pada tahun 2020 lalu.

3. Kasus Florona terbilang ringan

Fakta tentang virus Florona yang ketiga adalah kasus Florona terbilang ringan. Dokter di Beilinson menyebut kasus Florona yang teridentifikasi ini relatif ringan. Kedua penyakit tersebut sama-sama menyerang saluran pernapasan.

Meski demikian, Kementerian Kesehatan masih mempelajari kasus tersebut untuk melihat apakah kombinasi kedua virus itu bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Baca Juga: Cuma Mitos! Makanan Minuman Ini Tak Terbukti dapat Mencegah dan Menyembuhkan Covid-19

4. Terjadi pada wanita hamil

Fakta tentang virus Florona yang keemapat adalah virus ini terjadi pada wanita hamil. Kasus pertama Florona ini ditemukan pada seorang wanita hamil yang tidak divaksinasi.

Menurut pihak Rumah Sakit Beilinson di Petah Tikva, wanita tersebut mengalami gejala yang ringan dan pasien yang mengidap Florona ini sudah dinyatakan sehat dan sudah pulang.

5. Dikhawatirkan memicu 'twindemic'

Fakta tentang virus Florona yang terakhir adalah dikhawatirkan Florona memicu twindemic. Dalam beberapa pekan terakhir, kasus flu di Israel melonjak.

Hampir 2.000 orang dirawat di rumah sakit di tengah serangan pandemi COVID-19.

Meski COVID-19 masih menjadi pandemi, tetapi sejauh ini vaksinasi terbukti menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mencegah penyakit.

Maka dari itu, penting untuk memastikan diri sendiri dan orang-orang sekitar sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 lengkap.

Vaksin membantu membangun kekebalan tubuh untuk mencegah serangan virus penyebab penyakit. Meski sudah divaksin, penting juga untuk selalu menerapkan polah hidup sehat dan protokol kesehatan yang ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News