Bugar

Kenali 5 Ciri-Ciri Purging Pada Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

Kenali 5 Ciri-Ciri Purging Pada Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Tidak perlu khawatir, Anda perlu mengetahui ciri-ciri purging pada kulit wajah. Melansir dari senka.id, purging adalah proses penyesuaian kulit di mana sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit baru atau semacam regenerasi kulit atau detoks. 

Rata-rata waktu proses purging terjadi selama 4-6 minggu atau selama 28 hari. Jika Anda mengalami tanda-tanda di bawah ini, bisa dipastikan Anda mengalami purging.

Lebih jelasnya, simak lima ciri-ciri purging pada kulit wajah berdasarkan senka.id, yaitu: 

1. Mengelupas

Ciri-ciri purging pertama adalah terjadinya pengelupasan kulit tipis. Proses pergantian sel kulit mati ke sel kulit yang baru akan mengakibatkan pengelupasan khususnya lapisan kulit pertama.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena justru ini merupakan tanda produk yang Anda gunakan sedang bekerja dan sedang memberikan reaksi.

2. Kemerahan

Ciri-ciri purging selanjutnya adalah kemerahan. Kemerahan pada kulit merupakan salah satu tanda Anda mengalami purging yang tergolong ringan.

Anda bisa meminimalisir dengan menghindari menyentuh area kulit wajah yang kemerahan dan melakukan pemakaian skincare secara bertahap.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Mengatasi Kulit Ruam Selama Kehamilan, Mudah Dilakukan

3. Gatal

Selanjutnya, ciri-ciri purging yang biasanya akan Anda rasakan adalah gatal pada kulit wajah. Rasa gatal yang muncul diduga karena kulit sedang bereaksi terhadap racun yang berasal dari kulit wajah.

Tak dapat dipungkiri, rasa gatal yang muncul pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Tapi, biasanya rasa gatal yang muncul masih tergolong ringan.

4. Muncul Jerawat

Munculnya jerawat adalah fase yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Munculnya jerawat disebabkan oleh skincare yang memiliki kemampuan proses regenerasi atau pengangkatan sel kulit mati dengan cepat. Hal ini biasanya akan terjadi pada kulit wajah yang tersumbat oleh minyak dan kotoran.

Namun, perlu diketahui bahwa jerawat yang dikarenakan proses purging, biasanya muncul pada area yang memang sering ditumbuhi oleh jerawat. Jadi, kalau ada jerawat yang muncul di area lain, Anda perlu memperhatikan lebih lanjut ya.

5. Kulit Terasa Lebih Cerah dan Bersih

Ciri-ciri purging terakhir adalah kulit terasa lebih cerah dan bersih. Proses purging tidak dapat dipungkiri memang sangat menyebalkan dan tidak nyaman.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena dibalik proses yang tidak nyaman itu, kulit wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan cerah. Karena setelah lapisan kulit yang kotor itu keluar akan muncul kulit baru yang sehat.

Itulah lima ciri-ciri purging pada kulit wajah, tidak perlu khawatir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News