Bugar

Kenali 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

Kenali 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Meskipun masih muda, bukan berarti Anda tidak perlu menjaga kesehatan jantung. 

Justru dengan menerapkan pola hidup sehat atau kebiasaan-kebiasaan yang baik bagi jantung sedini mungkin, Anda bisa memiliki jantung yang tetap sehat sampai tua nanti.

Penyakit jantung di usia muda bisa terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang berolahraga, pola makan yang buruk, dan kebiasaan tidak sehat lainnya yang dilakukan selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Bingung Ingin Memulai Olahraga Yoga atau Pilates? Ketahui Perbedaanya di Sini!

Karena itu, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dapat menjadi investasi penting untuk kesehatan jantung Anda dalam jangka panjang.

Dirangkum dari Cleveland Clinic dan Northwest Primary Care, berikut ini cara menjaga kesehatan jantung di usia muda yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Rutin berolahraga

Salah satu cara pencegahan penyakit jantung yang bisa dilakukan seseorang di usia muda maupun usia lanjut adalah dengan rutin melakukan olahraga.

Lakukan olahraga secara rutin seperti aerobik setiap minggu atau olahraga ringan, seperti berjalan santai. Semakin banyak melakukan aktivitas fisik, jantung akan semakin sehat.

Terapkan pola makan sehat

Tentu saat usia masih terbilang muda, banyak jenis makanan yang menarik untuk dicoba. Namun, perhatikan kandungan makanan yang dikonsumsi.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, mengonsumsi ikan, roti gandum dan penggunaan minyak zaitun menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengonsumsi makanan.

Berdasarkan Mayo Clinic, batasi pengonsumsian garam, gula, dan alkohol agar jantung tetap sehat.

Baca Juga: Moms, Kenali 5 Cara Ampuh Mencegah Sembelit pada Balita

Kelola stres dengan baik

Sebaiknya kelola stres yang dialami dengan baik. Tingkat stres yang tinggi dapat sebabkan seseorang memiliki pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Akhirnya, kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jangan duduk terlalu lama

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian menunjukkan bahwa duduk terlalu lama dalam satu waktu tidak baik untuk kesehatan, tidak peduli seberapa rajinnya Anda berolahraga.

Hal ini tentu menjadi berita buruk bagi para pekerja kantoran yang harus duduk sepanjang hari. Selain itu, duduk terlalu lama juga meningkatkan risiko trombosis vena dalam (bekuan darah).

Tidur yang cukup

Tidur adalah bagian penting dari menjaga kesehatan jantung. Bila Anda tidak cukup tidur, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, berapapun usia Anda.

Para peneliti percaya, tidur terlalu sedikit dapat menyebabkan gangguan pada kondisi kesehatan yang mendasari dan proses biologis, termasuk tekanan darah dan peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News