Santai

Kenali 4 Tanda Tubuh Sedang Dehidrasi, Rawan Terjadi saat Puasa

Kenali 4 Tanda Tubuh Sedang Dehidrasi, Rawan Terjadi saat Puasa

MOMSMONEY.ID - Rawan terjadi pada orang-orang yang berpuasa, simak, yuk, beberapa tanda tubuh yang mengalami dehidrasi.

Pada masa puasa, penting untuk menjaga tubuh agar terhindar dari risiko dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan air sehingga tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik.

Kondisi dehidrasi juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh, lo. Maka dari itu penting untuk mengetahui tanda-tanda tubuh yang mengalami dehidrasi.

Ini dia, moms, beberapa tanda tubuh mengalami kondisi dehidrasi yang wajib diketahui:

Baca Juga: Bisa Pengaruhi Rasa dan Nutrisi, 6 Bahan Makanan Ini Jangan Disimpan di Kulkas

Pusing

Mengalami pusing ringan hingga berat juga merupakan tanda tubuh yang mengalami dehidrasi. Laman Everyday Health menjelaskan, setiap kasus dehidrasi akan memberikan tanda yaitu mengalami pusing ringan hingga berat.

Meskipun banyak faktor lain yang memungkinkan terjadinya pusing, minum air yang cukup bisa menjadi salah satu cara untuk meredakannya.

Mulut kering

Kondisi mulut yang kering adalah tanda lain dari tubuh yang mengalami dehidrasi. Mulut hingga lidah biasanya akan menjadi kering karena kurangnya cairan dalam tubuh untuk membuatnya tetap memproduksi air.

Akibatnya, tentu saja menyebabkan bau mulut yang berlebihan karena keringnya kondisi mulut dan lidah. Dalam kasus anak-anak bahkan bisa menyebabkan kurangnya produksi air mata, sehingga biasanya tidak ada air mata yang keluar pada saat menangis.

Baca Juga: Viral di TikTok, Apa sih Reset Routine Itu? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Kulit kering

Dehidrasi mungkin identik dengan bayangan tubuh yang lemas dan produksi keringat yang berlebih. Namun sesungguhnya, dehidrasi akan membuat kulit menjadi lebih kering dan tidak sehat.

Bahkan ciri lain dari tubuh yang mengalami dehidrasi adalah kulit menjadi terlihat pucat dan juga tidak segar. Alhasil, tentu saja membuat tampilan kulit menjadi terlihat tidak sehat dan bersinar.

Jarang kencing

Tanda utama yang bisa diketahui dengan pasti adalah kurangnya frekuensi untuk buang air kecil atau kencing.

Menurut laman Mayo Clinic, orang yang berada dalam kondisi dehidrasi akan memiliki sedikit frekuensi untuk kencing. Tambag lagi, warna air kencing yang cenderung lebih pekat dan tidak berwarna kuning jernih.

Tak hanya jarang kencing, namun sembelit juga bisa menandakan tubuh yang kekurangan air atau dehidrasi.

Penting untuk diperhatikan di masa puasa ini, itulah tanda tubuh yang mengalami dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News