HOME, Bugar

Kenali 4 Penyebab Ruam Merah Pada Kulit, Cari Tahu di Sini!

Kenali 4 Penyebab Ruam Merah Pada Kulit, Cari Tahu di Sini!

MOMSMONEY.ID - Ruam adalah munculnya lesi kulit berwarna merah, menonjol, bersisik dan terasa gatal, serta melepuh. Ruam merah pada kulit memiliki banyak penyebab, dari penyebab ringan hingga berat. Ruam merah bisa terjadi oleh siapa saja.

Ruam merah pada kulit ada yang bersifat sementara sehingga tidak perlu mendapatkan penanganan khusus, tetapi ada juga yang perlu berkonsultasi dengan dokter. Oleh karena itu, inilah empat penyebab ruam merah pada kulit dilansir dari cnfstore.com, yaitu: 

1. Dermatitis Kontak

Penyebab ruam merah pada kulit pertama adalah dermatitis kontak. Penyebab ruam merah pada kulit ini yang paling umum dialami oleg banyak orang. Kondisi ini terjadi ketika kulit bereaksi terhadap sesuatu yang disentuhnya. Kulit mungkin akan menjadi merah, meradang, dan ruam cenderung berair.

Penyebab dermatitis kontak adalah paparan zat pemicu alergi (alergi). Bisa karena debu, polusi, produk kecantikan, tanaman beracun, pewarna pada pakaian, dan bahan kimia (lateks dan karet). 

Ruam bisa mengakibatkan kemerahan pada kulit dan bisa bertahan selama 2 minggu hingga 1 bulan. Diperlukan perawatan yang tepat agar tidak meninggalkan bekas luka.

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Bibir Lembab dan Sehat, Cobain Yuk!

2. Infeksi

Selanjutnya, penyebab ruam merah pada kulit yaitu karena infeksi. Infeksi disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur sehingga kulit menjadi ruam. Ruam ini akan bervariasi tergantung pada jenis infeksi.

Misalnya, kandidiasis, infeksi jamur yang umum, menyebabkan ruam gatal yang umumnya muncul di lipatan kulit. Contoh infeksi akibat virus seperti herpes zoster (cacar api atau cacar ular).

Ruam kulit

3. Kondisi Autoimun

Penyebab ruam merah pada kulit selanjutnya adalah kondisi autoimun. Kondisi autoimun terjadi ketika sistem kekebalan seseorang mulai menyerang jaringan sehat. Ada banyak penyakit autoimun, beberapa di antaranya dapat menyebabkan ruam.

Misalnya, lupus yang mempengaruhi sejumlah sistem tubuh, termasuk ruam kulit. Perlu penanganan khusus untuk penyebab ruam merah pada kulit ini agar kondisi seseorang bisa segera membaik. 

4. Obat-obatan 

Penyebab ruam merah pada kulit lainnya yaitu obat-obatan. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan ruam pada beberapa orang, ini mungkin efek samping atau reaksi alergi.

Selain itu, beberapa obat termasuk beberapa antibiotik, menyebabkan fotosensitivitas – obat-obatan tersebut membuat individu lebih rentan terhadap sinar matahari. Reaksi fotosensitivitas terlihat mirip dengan sengatan matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News