ads

Kenali 4 Penyebab Rambut Patah dan Bercabang yang Perlu Anda Tahu

Sumber: Dove
Jumat, 05 Agustus 2022 | 11:26 WIB
Kenali 4 Penyebab Rambut Patah dan Bercabang yang Perlu Anda Tahu

ILUSTRASI. Kenali 4 Penyebab Rambut Patah dan Bercabang yang Perlu Anda Tahu


MOMSMONEY.ID - Jika merasa rambut Anda patah dan bercabang, maka segera rawat rambut dengan benar. Masalah rambut patah dan bercabang tentu memiliki banyak sekali penyebab, mulai dari yang sederhana hingga cukup berat.

Sebelum merawat rambut, ada baiknya mencari tahu penyebab rambut bisa patah dan bercabang berikut ini dilansir dari dove.com, yaitu: 

1. Kesalahan saat Keramas

Penyebab pertama rambut patah dan bercabang yaitu kesalahan saat keramas. Mungkin Anda merasa sudah melakukan keramas dengan benar ternyata malah menjadikan rambut kering. Dengan sampo yang tepat, Anda bisa keramas setiap hari tanpa takut rambut jadi kering.

Pastikan juga Anda keramas menggunakan air dingin. Hal ini dikarenakan penggunaan air panas saat keramas dapat mengurangi kelembapan dalam rambut Anda. 

2. Kesalahan Mengeringkan Rambut

Penyebab rambut patah dan bercabang selanjutnya adalah kesalahan mengeringkan rambut. Hal ini disebabkan rambut sangat rentan saat proses pengeringan. Hindari mengeringkan rambut dengan menggosok-gosok menggunakan handuk. Tekanan tinggi pada rambut dan gosokan handuk bisa membuat rambut kusut dan rentan patah.

Anda cukup tekan-tekan rambut untuk mengeluarkan air yang tersisa. Pilih handuk dengan bahan lembut dan dapat menyerap air secara maksimal. Jika ingin menyisir rambut saat basah, sebaiknya gunakan sisir bergigi jarang. Biarkan rambut kering seluruhnya secara natural sebelum menggunakan pengering.

Baca Juga: Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Tomat bagi Tubuh. Bisa Menjaga Kesehatan Kulit!

3. Sering Mengikat Rambut

Sering mengikat rambut ternyata juga termasuk penyebab rambut patah dan bercabang, loh. Mengikat rambut dengan kencang dalam waktu lama, apalagi jenis rambut tipis, akan lebih mudah patah jika terikat erat dalam waktu lama. Selama tidak mengganggu aktivitas Anda, sebisa mungkin biarkan rambut tergerai untuk meminimalkan risiko kerusakan

4. Penggunaan Hair Styling Tool

Penyebab rambut patah dan bercabang lainnya adalah penggunaan hair styling tool. Alat-alat hair styling umumnya mengandalkan panas untuk memudahkan penataan rambut. Hal ini bisa berisiko membuat rambut rusak untuk pemakaian setiap hari.

Minimalkan penggunaan hair styling tool seperti catokan atau hair dryer agar kelembapan rambut tetap terjaga. Jika harus mencatok rambut, pastikan Anda menggunakan heat protecting serum/vitamin pada rambut sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER