Santai

Kenali 4 Penyebab Kolesterol Tinggi Berikut Ini! Jarang yang Menyadarinya Loh!

Kenali 4 Penyebab Kolesterol Tinggi Berikut Ini! Jarang yang Menyadarinya Loh!

MOMSMONEY.ID - Kolesterol yang tinggi biasanya bisa menjadi penyebab munculnya beberapa penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung.

Tentunya penting untuk memperhatikan gejala yang menandakan tingginya tingkat kolesterol di tubuh. Namun, tingkat kolesterol tidak bisa memberikan tanda dan hanya bisa diketahui dengan tes darah.

Terlepas dari tanda-tanda kolesterol tinggi, ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab munculnya kolesterol tinggi.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Kesehatan Otak pada Milenial dan Gen Z

Stres

Stress merupakan salah satu penyebab banyak penyakit kronis pada tubuh, termasuk kolesterol tinggi. Stress tinggi bisa menyebabkan tingginya kolesterol jahat LDL dan menurunnya kolesterol baik HDL.

Laman Web MD menjelaskan bahwa hormon stress seperti kortisol dan adrenalin bisa memicu perubahan yang menyebabkan gula darah tinggi dan inflamasi. Dari waktu ke waktu, hal tersebut bisa menyebabkan liver untuk memompa lebih banyak kolesterol dan lemak darah yang disebut triglycerida.

Makanan tinggi gula

Selain tingkat lemak yang tinggi, tingkat gula yang terlalu tinggi juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Pola makan dengan gula tinggi bisa menyebabkan liver untuk memproduksi kolesterol jahat LDL dan triglycerida.

Makanan-makanan yang mengandung gula ini memiliki kalori tiga kali lebih banyak yang bisa menurunkan tinggat kolesterol baik atau HDL.

Baca Juga: Jangan Langsung Ganti, Kenali Dulu 5 Risiko Penggunaan Menstrual Cup Berikut Ini!

Genetik

Melansir dari laman Health Line, penyebab lain yang menjadi faktor tingginya kolesterol dalam tubuh adalah genetik.

Keluarga atau orang tua yang memiliki riwayat kolesterol tinggi bisa menurunkan risiko munculnya kolesterol tinggi. Bahkan beberapa jenis gen dalam tubuh secara otomatis memberikan instruksi pada tubuh untuk membentuk kolesterol dan lemak.

Diabetes

Orang yang memiliki penyakit diabetes juga lebih rentan terserang kolesterol. Diabetes tipe dua bisa menyebabkan tingginya gula darah dalam tubuh.

Molekul kolesterol dapat membuat protein menempel dan menjadi semakin berbahaya. Diabetes juga bisa meningkatkan LDL dan meningkatkan juga risiko penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News