Kenali 4 Penyebab Jerawat Punggung yang Bikin Ganggu, Apa Saja?

Reporter: Rizka Noveliana
Selasa, 29 November 2022 | 17:30 WIB
Kenali 4 Penyebab Jerawat Punggung yang Bikin Ganggu, Apa Saja?


MOMSMONEY.ID - Terasa gatal dan tidak nyaman, berikut penyebab jerawat punggung yang bikin ganggu. Jerawat punggung membuat orang yang mengalaminya terasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri.

Sebelum mengatasi masalah ini, Anda perlu mencari tahu penyebab munculnya jerawat punggung. Dengan begitu Anda bisa menangani jerawat punggung dengan baik.

Melansir herworld.co.id dan lifebuoy.co.id, berikut empat penyebab jerawat punggung yang harus Anda tahu : 

1. Faktor genetik

Penyebab jerawat punggung yaitu faktor genetik. Penyebab ini diturunkan dari orang tua, saat orang tua memiliki jenis kulit berminyak maka Anda pun akan memiliki jenis kulit yang sama dan kemungkinan lebih mudah berjerawat, termasuk di punggung.

Akan tetapi bukan masalah besar, penyebab jerawat punggung karena faktor genetik tidak mungkin bisa dihindari. Tetapi dengan melakukan perawatan tubuh yang benar, maka jerawat punggung tetap bisa hilang. 

2. Pola hidup tidak sehat

Penyebab jerawat punggung berikutnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Sering tidur larut malam dan mengonsumsi junk food bisa menyebabkan timbulnya jerawat punggung.

Sebaiknya, Anda mulai menghentikan pola hidup yang tidak sehat ini secara perlahan. Biasakan untuk tidur cukup selama 8 jam dan tidak larut malam.

Kemudian, konsumsi makanan serat dari sayur dan buah, minum air putih, serta konsumsi suplemen. Jangan lupa juga diimbangi dengan olahraga teratur. 

Baca Juga: 5 Manfaat Lengkuas untuk Kulit, Bisa Mengobati Penyakit Kulit

3. Stres

Stres berlebihan bisa menjadi pemicu munculnya jerawat, termasuk juga jerawat punggung. Hal ini dikarenakan stres dapat merusak sistem kekebalan sehingga membuat tubuh sulit untuk melawan bakteri.

Sehingga, jerawat punggung membutuhkan waktu lama untuk sembuh saat Anda sedang mengalami stres berat.

Jadi penghambat bakteri dan kuman penyebab jerawat punggung menghilang, cobalah mulai melakukan olahraga ringan untuk mengatasi rasa stres Anda.

4. Pakaian

Penyebab jerawat punggung lainnya adalah pakaian. Pakaian yang ketat bisa menjadi penyebab jerawat di punggung.

Pakaian ketat membuat kulit sulit bernapas dan menyebabkan penyumbatan keringat. Bila keringat tersumbat, maka akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Pakaian ketat tidak hanya memicu pertumbuhan jerawat di punggung, tetapi juga akan memperparah jerawat punggung yang sudah muncul.

Selain itu, pakaian tidak ketat yang basah oleh keringat juga bisa menyebabkan munculnya jerawat punggung.

Misalnya, tidak langsung mengganti pakaian setelah berolahraga. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat di punggung.

Penyakit yang basah oleh keringat juga bisa menyebabkan ruam kulit, infeksi jamur, dan daya tahan tubuh melemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER