Bugar

Kenali 4 Penyebab Iritasi Kulit yang Bikin Tidak Nyaman

Kenali 4 Penyebab Iritasi Kulit yang Bikin Tidak Nyaman

MOMSMONEY.ID -  Pentingnya Anda memahami beberapa penyebab iritasi kulit. Hal ini supaya Anda bisa mengambil langkah untuk mencegah bahkan merawat kulit yang mengalami iritasi.

Masalah kulit ini tentu membuat Anda merasa tidak nyaman karena rasa gatal, panas, penampilan kulit yang terganggu dan kemerahan pada kulit.

Untuk lebih paham, simak empat penyebab iritasi kulit di bawah ini dilansir dari vaseline.com, yaitu: 

1. Alergi Makanan Tertentu

Penyebab pertama iritasi kulit adalah alergi makanan tertentu. Beberapa orang memiliki intoleransi terhadap beberapa jenis makanan atau protein seperti seafood atau telur.

Salah satu tanda alergi adalah munculnya iritasi pada kulit setiap selesai memakan makanan pencetus alergi tersebut. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan makanan yang aman untuk tubuh Anda. 

2. Serangga

Penyebab iritasi kulit selanjutnya adalah serangga. Bukan hanya gigitan serangga yang bisa menimbulkan iritasi.

Bulu-bulu halus pada tubuh serangga (misalnya ulat bulu) juga bisa menyebabkan hal yang sama. Anda harus segera mengobati kulit yang baru digigit atau terkena serangga agar iritasinya tidak semakin parah.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Antioksidan pada Kulit yang Harus Anda Tahu

3. Sabun yang Mengandung Bahan Kimia

Berikutnya, sabun yang mengandung bahan kimia bagi sebagian orang bisa berdampak iritasi kulit. Sabun mengandung bahan kimia tinggi juga berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Hal ini karena bahan kimia dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

Bahkan, sisa sabun yang menempel pada pakaian juga bisa berbahaya. Risiko kulit sensitif dan rentan iritasi pun akan semakin besar. Jika mengalami iritasi setelah menggunakan sabun tertentu, segera hentikan penggunaan agar iritasi kulit segera membaik.

4. Paparan Sinar UV A dan UV B

Penyebab iritasi kulit lainnya adalah paparan sinar UV A dan UV B. Tak banyak orang yang tahu paparan sinar matahari berlebihan bisa mengakibatkan iritasi kulit.

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menimbulkan ruam-ruam pada permukaan kulit disertai sensasi rasa panas dan gatal. Gunakan selalu sunscreen atau sunblock saat akan berkegiatan di luar rumah. 

Nah, itulah beberapa penyebab iritasi kulit yang bikin Anda tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News