Kenali 4 Penyebab Bibir Hitam yang Jarang Disadari

Reporter: Rizka Noveliana
Rabu, 25 Januari 2023 | 18:55 WIB
Kenali 4 Penyebab Bibir Hitam yang Jarang Disadari


MOMSMONEY.ID - Jarang disadari, inilah beberapa penyebab bibir hitam. Bagi wanita memiliki bibir hitam bisa menurunkan kepercayaan diri.

Walaupun bibir hitam bisa ditutupi dengan lipstik, tetapi tetap saja Anda harus merawat kesehatan bibir. Agar perawatan bibir tidak sia-sia, Anda juga perlu tahu penyebab bibir hitam seperti apa.

Penyebab bibir hitam cukup banyak, seperti kebiasaan merokok dan tidak menghapus lipstik dengan sempurna. Selain itu, ada beberapa penyebab lain bibir hitam yang harus Anda tahu.

Mengutip dari cnfstore.com, berikut penyebab munculnya bibir hitam, yaitu: 

1. Sering Menjilat Bibir

Penyebab pertama bibir hitam adalah sering menjilat bibir. Kebiasaan ini ternyata dapat membuat bibir berubah warna menjadi gelap.

Menjilat bibir dengan dibasahi air ludah secara terus-menerus ini justru akan membuat bibir semakin kering.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat bibir kering, maka pigmen yang memberi warna bibir bisa semakin menggelap.

2. Tidak Melakukan Eksfoliasi Bibir

Selain tubuh dan wajah, eksfoliasi bibir juga diperlukan untuk membuat bibir tidak gelap. Melakukan eksfoliasi pada bibir seminggu sekali berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Selain dapat melembutkan, mengeksfoliasi bibir dengan scrub khusus bibir juga bertujuan memastikan kandungan bermanfaat setiap produk perawatan bibir agar mampu menyerap secara maksimal. 

Eksfoliasi bibir juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit bibir yang kasar dan menggantikannya dengan sel kulit yang lebih halus.

Jika kulit bibir telah ter-regenerasi dengan baik, maka sel kulit baru akan tumbuh dan cepat memudarkan warna bibir yang gelap. 

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah yang Harus Anda Tahu

3. Kekurangan Asupan Cairan

Penyebab bibir hitam berikutnya adalah kekurangan asupan cairan. Ternyata saat tubuh kekurangan cairan, kemungkinan besar bibir Anda akan kering, pecah-pecah, dan akhirnya menghitam.

Sehingga, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas per hari.

Kemudian, hindari minuman berkafein setiap hari seperti kopi, memiliki efek diuretik yang membuat Anda lebih sering buang air kecil sehingga tubuh mengalami dehidrasi.

Sehingga perhatikan asupan cairan tubuh dengan baik yang turut berdampak pada kondisi kulit dan bibir. 

4. Paparan Sinar Matahari 

Penyebab bibir hitam lainnya adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan akan menyebabkan hiperpigmentasi yang mempengaruhi warna bibir.

Bibir yang terpapar sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin yang mengakibatkan kulit dan bibir menggelap.

Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan pencegahan perubahan warna bibir dengan rajin menggunakan lip balm yang mengandung SPF agar bibir tetap terlindungi. 

Itulah beberapa penyebab munculnya bibir hitam yang jarang disadari. Yuk, mulai rawat kecantikan bibir sekarang. 

Selanjutnya: Pasca Split Off, Ini Sejumlah Opsi Pendanaan untuk Inalum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER