Bugar

Kenali 4 Nutrisi yang Dibutuhkan Kulit Supaya Sehat dan Lembab

Kenali 4 Nutrisi yang Dibutuhkan Kulit Supaya Sehat dan Lembab

MOMSMONEY.ID - Selain memakai produk skincare, mengonsumsi makanan bernutrisi untuk kulit juga penting. Semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari tentu akan berpengaruh ke tubuh, termasuk kulit.

Konsumsi makanan ini secara rutin untuk selalu menjaga dan merawat kulit. Melansir dari senka.id, berikut beberapa nutrisi untuk kulit supaya sehat dan glowing, yaitu: 

1. Vitamin A

Nutrisi yang dibutuhkan kulit supaya sehat dan lembab adalah vitamin A. Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A berperan dalam memelihara kesehatan kulit.

Kandungan betakaroten pada Vitamin A yang kaya antioksidan membuatnya mampu memberikan efek positif bagi kulit, seperti memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mencerahkan wajah, menghaluskan kulit, dan juga bantu mengontrol timbulnya jerawat. 

Vitamin A didapatkan dari wortel, susu, keju, telur, atau sayuran berdaun hijau tua lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk dengan senyawa aktif Retinoid (turunan dari Vitamin A) yang dapat mempercepat proses regenerasi sel. 

2. Vitamin E

Vitamin E sangat dikenal baik untuk merawa kesehatan kulit. Vitamin E dipercaya mampu mengurangi peradangan, mempercepat proses regenerasi kulit, melembapkan, meningkatkan elastisitas kulit, serta menjaga kulit dari paparan sinar matahari berlebih karena dapat melawan radikal bebas.

Oleh karena itu, vitamin E dibutuhkan epidermis kulit untuk memperbaiki sel yang rusak. Selain menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin E, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya akan vitamin E, seperti bayam, alpukat, brokoli, serta kacang almond. 

Baca Juga: Pahami 4 Manfaat Detox Wajah Bantu Merawat Kesehatan Kulit

3. Vitamin B Kompleks

Berikutnya, vitamin B kompleks juga berpengaruh baik untuk kulit. Sebagai zat dasar pembentuk sel tubuh, Vitamin B Kompleks mengandung kadar biotin yang dapat meminimalisir risiko dermatitis (peradangan pada kulit), serta memastikan kulit terhidrasi dan cerah secara alami. Anda bisa menemukan vitamin B pada makanan, seperti nasi, oatmeal, pisang, dan telur. 

4. Asam Lemak Esensial

Nutrisi untuk kulit lainnya berasal dari asam lemak esensial. Nutrisi ini mampu menurunkan kadar kolesterol, mampu mengatasi jerawat, mengurangi kemerahan akibat peradangan, mencerahkan sekaligus melembapkan kulit.

Apabila ingin merasakan manfaat asam lemak esensial, Anda bisa mengubah pola makan, contohnya melakukan diet Mediterania yang banyak mengonsumsi asam lemak esensial, seperti ikan, alpukat, atau minyak zaitun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News