Bugar

Kenali 4 Manfaat Daun Pegagan untuk Wajah, Cegah Kulit Kusam!

Kenali 4 Manfaat Daun Pegagan untuk Wajah, Cegah Kulit Kusam!

MOMSMONEY.ID - Termasuk kandungan skincare populer, Anda bisa merasakan manfaat daun pegagan untuk wajah. Daun pegagan atau centella asiatica adalah tanaman herbal yang sering dipakai dalam pengobatan tradisional, baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. 

Daun pegagan mengandung senyawa anti-inflamasi, karbohidrat, madecassoside, madecassic acid, asiaticoside dan asiatic acid yang dapat merawat kesehatan kulit. Kini, sudah banyak produk skincare yang memanfaatkan kandungan daun pegagan sebagai bahan utama produk. 

Lebih jelasnya, simak beberapa manfaat daun pegagan untuk wajah dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Menghidrasi Kulit

Pertama, manfaat daun pegagan untuk wajah adalah menghidrasi kulit. Sebagai antioksidan alami, daun pegagan mengandung senyawa anti-inflamasi dan karbohidrat.

Senyawa-senyawa ini ditemukan efektif meningkatkan hidrasi kulit bahkan berperan sebagai anti penuaan. Hal inilah alasan centella asiatica banyak digunakan sebagai bahan pelembab wajah yang menargetkan kulit kering dan sensitif.

2. Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat daun pegagan untuk wajah selanjutnya adalah meningkatkan produksi kolagen. Daun pegagan mengandung termasuk madecassoside, madecassic acid, asiaticoside dan asiatic acid yang membantu mengoptimalkan produksi kolagen dan lapisan sel di kulit.

Kolagen merupakan senyawa penting dalam struktur kulit, yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Dengan meningkatnya produksi senyawa ini, kulit jadi terlihat lebih kenyal dan cerah.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Face Scrub Terbaik dengan Harga Terjangkau

3. Mengatasi Kulit Belang, Kusam dan Bertekstur

Berikutnya, mengatasi kulit belang, kusam dan bertekstur bisa Anda rasakan dari kandungan daun pegagan. Hal inikKarena daun pegagan dapat mengurangi tampilan jaringan parut, garis-garis halus, dan kerutan, secara keseluruhan kesehatan kulit juga turut meningkat. Termasuk wajah yang lebih cerah, dan tekstur kulit yang lebih halus.

4. Anti-Aging

Kaya akan antioksidan dan melembabkan, kedua manfaat ini menjadikan daun pegagan sebagai agen anti penuaan yang baik. Kulit yang kering dapat memicu munculnya garis halus, tapi dengan daun pegagan, kulit akan tetap terjaga kelembaban dan elastisitasnya.

Itulah beberapa manfaat daun pegagan untuk wajah, merawat kesehatan kulit wajah. Anda bisa memilih produk skincare yang mengandung daun pegagan sebagai skincare rutin harian Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News