HOME, Bugar

Kenali 4 Makanan Penyebab Kanker Mulut

Kenali 4 Makanan Penyebab Kanker Mulut

MOMSMONEY.ID - Kanker mulut adalah penyakit kanker yang muncul pada jaringan dinding mulut, bibir, lidah, gusi, atau langit-langit.

Biasanya, pengidap kanker mulut akan mengalami beberapa gejala, seperti sariawan yang tidak kunjung membaik atau munculnya bercak putih dan kemerahan pada area lidah atau bagian dalam mulut, dilansir dari Cancer Care.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti yang menyebabkan terjadinya perubahan atau mutasi DNA.

Dikutip dari Mouth Healty, ada beberapa faktor yang memicu penyakit ini, seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, paparan sinar matahari terus menerus pada area bibir, terinfeksi HPV, dan sistem imun tubuh yang rendah.

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak

Namun setidaknya jika anda menghindari makanan pemicu kanker di bawah, berarti anda sudah berusaha untuk menghindari kanker menyerang tubuh.

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan juga dapat memicu kanker mulut. Hal ini disebabkan alkohol memiliki kandungan etanol yang dapat merusak lapisan mulut dan tenggorokan. 

Kandungan ini dapat mengiritasi sel-sel tubuh. Jika dikonsumsi dalam waktu yang lama, berulang, dan jumlah yang berlebihan iritasi yang terjadi dapat memicu perubahan sel yang menyebabkan kanker.

2. Makanan yang dibakar

Sebaiknya batasi mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dibakar. Mengolah daging dengan cara dibakar atau dimasak terlalu lama dapat memicu produksi karsinogen yang meningkatkan risiko penyakit kanker.

Baca Juga: Inilah 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Mulut dan Gigi

3. Daging olahan

Setiap daging olahan setidaknya mengandung pengawet, hal ini dilakukan agar membuat daging tetap dalam keadaan segar. Contoh makanan yang mungkin anda konsumi seperti sosis atau hot dog.

Bahan pengawet tersebutlah yang bisa menyebabkan kanker berkembang dalam tubuh manuia. Untuk menghindari pengawet, sebaiknya anda baca terlebih dahulu label pada daging yang Anda beli atau minta penjelasan pembeli sebelum Anda membelinya.

4. Makanan dengan pemanis buatan

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dengan tambahan pemanis buatan atau gula. Membatasi pengonsumsian makanan dengan pemanis buatan atau gula membuat sel kanker tidak dapat berkembang dengan cepat.

Itulah jenis makanan penyebab kanker mulut. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih yang cukup agar kesehatan mulut tetap terjaga.

Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur agar Anda terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk kanker mulut. Selain itu, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

Kunjungi dokter gigi secara rutin tiap enam bulan sekali. Hentikan kebiasaan merokok menjadi salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News