Kenali 4 Kandungan Skincare Ampuh Mengatasi Masalah Jerawat

Reporter: Rizka Noveliana
Jumat, 23 September 2022 | 15:30 WIB
Kenali 4 Kandungan Skincare Ampuh Mengatasi Masalah Jerawat


MOMSMONEY.ID - Masalah jerawat memang tidak ada habisnya, jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh produksi minyak atau sebum berlebih. Jerawat bisa diatasi dengan produk-produk skincare. Saat memilih produk skincare untuk masalah jerawat perlu memperhatikan kandungan di dalamnya.

Anda perlu mulai mengenal beberapa kandungan skincare yang mengatasi masalah jerawat. Mengutip dari blog.avoskinbeauty.com, berikut beberapa kandungan skincare untuk masalah jerawat, yaitu: 

1. Salicylic Acid

Kandungan skincare untuk mengatasi jerawat adalah Salicylic Acid. Kandungan skincare ini sangat ampuh dalam mengatasi penyumbatan pori-pori serta mengurangi produksi minyak pada kulit sehingga kulit bebas dari jerawat.

Tetapi Salicylic Acid memiliki efek samping ringan seperti rasa perih saat digunakan pada wajah serta kulit dapat menjadi kering. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari kandungan bahan ini.

2. Sulfur

Kandungan skincare untuk mengatasi jerawat selanjutnya yaitu Sulfur. Sulfur memiliki fungsi yang mirip dengan asam salisilat dan benzoil peroksida yang umum ditemukan dalam pengobatan jerawat. Sifat antimikroba dalam sulfur ini dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat.

Kandungan dalam sulfur juga bisa mencegah produksi minyak alami berlebih pada kulit yang rentan menimbulkan jerawat. Selain itu, sulfur juga dapat mengeringkan sel kulit mati sehingga mencegah sumbatan pori-pori.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Mengetahui Skin Tone Wajah dengan Mudah

3. Niacinamide

Niacinamide termasuk salah satu kandungan skincare yang sangat populer akhir-akhir ini. Niacinamide dikenal sebagai kandungan skincare yang mampu mengatasi jerawat. Niacinamide temasuk bahan aktif yang banyak terkandung dalam pelembap dan serum.

Dengan penggunaan secara rutin, niacinamide bisa mengurangi sebum dan minyak pada wajah. Kandungan ini mampu mengatur kadar sebum, mengecilkan pori-pori, dan meningkatkan elastisitas serta ketahanan kulit. Sebaiknya, Anda memakai produk dengan kandungan niacinamide di malam hari saja dan hindari mencampurkan kandungan ini bersamaan dengan vitamin C. 

4. Retinoid

Kandungan skincare untuk mengatasi jerawat terakhir adalah retinoid. Retinoid sering digunakan oleh dokter kecantikan pada rangkaian produk pengobatan jerawat. Retinoid ini menjadi favorit banyak ahli kecantikan karena dipercaya sebagai bahan yang paling ampuh diantara semua bahan. Tetapi retinoid memiliki efek samping seperti membuat kulit wajah dan leher menjadi belang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER