CLOSE [X]
ads

Kenali 4 Gejala Tipes pada Orang Dewasa Agar Tidak Salah Deteksi

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 19 Mei 2022 | 09:55 WIB
Kenali 4 Gejala Tipes pada Orang Dewasa Agar Tidak Salah Deteksi


MOMSMONEY.ID - Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Salmonella typhi, dilansir dari Healthline. 

Penyakit ini dapat terjadi pada orang dewasa yang tinggal di lingkungan kotor, yang kualitas air dan fasilitas sanitasinya buruk.  

Biasanya gejala mulai muncul dalam 7-14 hari setelah Anda terpapar bakteri. Paling lambat, gejalanya baru terasa dalam 30 hari kemudian. 

Intensitas gejalanya pun bisa bervariasi. Ada yang merasakan banyak gejala ringan, ada juga yang hanya merasakan sedikit tapi terasa berat. 

Baca Juga: Inilah Ciri-Ciri Penyakit Tipes yang Terjadi pada Anak

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut ini gejala tipes pada orang dewasa yang perlu Anda waspada agar tidak salah mendeteksi, antara lain: 

1. Tubuh demam

Gejala tipes pada orang dewasa yang pertama adalah tubuh merasakan demam. Sebenarnya, demam menjadi respon alami tubuh saat adanya paparan infeksi atau peradangan. 

Umumnya, suhu tubuh akan secara perlahan meningkat pada minggu pertama muncul gejala tipes. Beberapa kondisi menyebutkan demam akan memburuk saat malam hari. 

Ketika tubuh demam, Anda mungkin akan turut mengeluarkan keringat dalam jumlah lebih banyak dan menjadi lebih sering sakit kepala. 

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER