Bugar

Kenali 4 Ciri-Ciri Kulit Kering dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Kenali 4 Ciri-Ciri Kulit Kering dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Perlu Anda tahu, ciri-ciri kulit kering dan cara mengatasinya dengan benar. Kulit kering membuat penampilan wajah menjadi kusam dan tidak segar.

Munculnya kulit kering disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca, produk berfomula keras, polusi dan lain-lain.

Jika Anda memahami ciri-ciri kulit kering, maka Anda bisa mengambil solusi untuk mengatasinya. Menurut American Adacemy of Dermatology Association (AAD) dan natur-e.co.id, berikut ciri-ciri kulit kering yang harus Anda tahu: 

Baca Juga: Pahami 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah, Kulit Cerah dan Lembab

1. Kulit dehidrasi

Ciri pertama kulit kering adalah kulit dehidrasi. Dehidrasi ini biasanya disebabkan oleh tubuh yang kehilangan cukup banyak air.

Selain tidak minum cukup air, hal ini juga dapat dipicu oleh konsumsi kafein yang berlebihan atau banyak berkeringat setelah berolahraga. 

Kulit yang mengalami gangguan dehidrasi relatif mudah dirawat dengan perubahan gaya hidup yang tepat. Awali dengan mengenali tanda-tanda kulit dehidrasi seperti kulit tampak kering dan kusam, perubahan warna yang tidak merata, serta tampak garis-garis halus.

Lanjutkan dengan membangun kebiasaan cukup minum air putih dan tingkatkan konsumsinya saat banyak berkeringat.

2. Kasar dan bersisik

Ciri-ciri kulit kering selanjutnya adalah kasar dan bersisik. Hal ini disebabkan oleh reaksi alergi atau gangguan kesehatan kulit tertentu, ada baiknya menemukan penyebab kulit kasar dan bersisik.

Selain mengandalkan penggunaan krim pelembap, ada baiknya membatasi kontak dengan hal-hal yang memicu alergi seperti bahan kimia tertentu, sabun, atau air panas.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami dan Benar

3. Kering gatal

Berikutnya, kulit kering akan mengalami kering gatal. Penyebab kulit kering gatal bisa beragam, termasuk kondisi udara yang dingin dan kering, sabun atau deterjen tertentu, hingga bersentuhan dengan kain yang kasar dan mengiritasi kulit.

Oleh karena itu, pentingnya mengoleskan pelembap setelah mandi atau mencuci, mengubah kebiasaan mandi dengan air panas, hingga memilih pakaian berbahan katun atau sutera yang lembut.

4. Muncul rasa nyeri

Ciri-ciri kulit kering lainnya adalah muncul rasa nyeri. Seiring bertambahnya usia, kulit terkadang mengalami perubahan menjadi lebih mudah kering dan pecah-pecah.

Kondisi ini bisa berujung mengelupas dan menimbulkan rasa nyeri saat melakukan aktivitas sederhana seperti mengetik hingga mengancingkan baju.

Selain kulit yang menghasilkan lebih sedikit minyak sebagai kelembapan alaminya, faktor di luar tubuh dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

Mulai dari bahan kimia yang dapat memicu kulit kering dan ruam, kebiasaan mencuci tangan secara berlebihan, hingga beraktivitas di bawah sinar matahari.

Kini, Anda sudah mengenal ciri-ciri kulit kering. Jika sedang mengalami ini, mulai ubah kebiasaan dan rawat kulit dengan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News