Bugar

Kenali 3 Ciri-Ciri Produk Skincare yang Aman untuk Kulit

Kenali 3 Ciri-Ciri Produk Skincare yang Aman untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Anda perlu memahami ciri-ciri produk skincare yang aman untuk kulit. Memilih produk skincare tidak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan efek buruk pada kulit, baik ringan atau pun yang paling berat.

Tentunya Anda tidak ingin mengalaminya. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara memilih produk skincare yang aman.

Melansir blog.avoskinbeauty.com, berikut tiga ciri-ciri produk skincare aman untuk kulit: 

1. Punya izin BPOM

Ciri-ciri skincare aman untuk kulit adalah mempunyai izin BPOM. Ciri ini cukup mudah Anda lihat karena tentunya produk yang sudah mendapatkan izin BPOM sudah teruji dan aman untuk kulit.

Badan resmi dari negara ini punya persyaratan keamanan produk yang harus dipenuhi oleh produk sebelum mendapatkan izin edar. Kandungan bahan aktif dalam produk juga disesuaikan dengan apa saja yang diperbolehkan. 

Semua bahan termasuk konsentrasi dalam produk juga diperiksa. Bahkan bahan tambahan lainnya seperti pengawet, pewangi, emulsifier, texture enhancer, dan lainnya juga wajib diperiksa dan disesuaikan.

Dengan memiliki izin edar BPOM, produsen dan BPOM wajib memastikan bahwa produk skincare itu aman dan bebas dari kandungan zat berbahaya.

Baca Juga: 6 Manfaat Sea Salt untuk Perawatan Kulit, Menarik Dicoba

2. Mencantumkan keterangan dan kandungan lengkap

Ciri-Ciri produk skincare aman untuk kulit selanjutnya adalah mencantumkan keterangan dan kandungan lengkap.

Produk skincare yang baik pasti akan mencantumkan keterangan produk, info cara pakai, ingredients atau kandungan, perhatian khusus, tanggal kadaluarsa, dan Period After Opening di setiap packaging produk.

Anda perlu membaca label untuk memilah skincare yang aman dan bebas kandungan bahan berbahaya. Sehingga, Anda perlu membaca dengan seksama dan mengikuti cara pakai sesuai anjuran.

Kalau ada disclaimer khusus juga wajib Anda teliti seperti produk kandungan retinol yang tidak boleh digunakan oleh ibu hamil.

Baca Juga: Selain Segar, Ini 5 Manfaat Konsumsi Jus Mangga Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

3. Tidak semua bahan alami aman

Produk yang alami atau sintetik memiliki risiko alergenik atau iritasi bisa tinggi ataupun rendah. Bahan alami bisa saja memiliki risiko alergi atau iritasi tinggi, begitu pula sebaliknya dengan bahan sintetik. Jadi, Anda harus memahami kondisi, jenis, dan karakter kulit sendiri.

Jika Anda sudah berhati-hati memilih produk, dan masih muncul efek samping seperti iritasi dan alergi, sebaiknya Anda berhenti menggunakan seluruh rangkaian produk yang digunakan.

Anda bisa menggunakan cleanser dan moisturizer yang bersifat gentle hingga kulit membaik.

Selain itu, Anda juga perlu memperbanyak minum air putih dan menghindari keringat serta matahari. Setelah membaik, Anda bisa kembali pada skincare routine tetapi jangan gunakan produk yang menyebabkan iritasi atau alergi.

Namun jika kondisi belum membaik, Anda bisa kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Jadi, itulah beberapa ciri-ciri produk skincare yang aman untuk kulit. Pilih produk terbaik buat kulit Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News