Bugar

Kenali 3 Bentuk Bruntusan yang Umum Muncul di Wajah

Kenali 3 Bentuk Bruntusan yang Umum Muncul di Wajah

MOMSMONEY.ID - Bruntusan biasanya muncul di area jidat wajah dan pipi dengan ukuran kecil serta banyak.

Bruntusan dapat menurunkan kepercayaan diri dan menggangu penampilan. Bruntusan disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat.

Sebelum menentukan perawatan tepat untuk menghilangkan bruntusan, kenali dulu beberapa bentuk bruntusan yang umum ditemui di jidat. Melansir dari loreal-paris.co.id, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Milia

Bentuk pertama bruntusan yang umum muncul di wajah adalah milia. Sebenarnya milai tidak termasuk golongan jerawat, tetapi bisa menyebabkan bruntusan.

Bedanya, jerawat terbentuk akibat pori tersumbat yang terpapar bakteri, sedangkan milia muncul akibat keratin yang terjebak di bawah permukaan kulit.

Milia terlihat mirip dengan komedo putih dan sering muncul di kulit wajah perempuan atau bayi. Menghilangkan milia dapat dibantu dengan pemakaian produk skincare atau melakukan laser di klinik kecantikan. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum Ceramide Bantu Merawat Skin Barrier Anda!

2. Komedo

Selanjutnya, bentuk brutusan yang umum muncul di wajah yaitu komedo. Komedo dibagi jadi blackhead dan whitehead. Tipe bruntusan ini munculnya karena tumpukan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati membuat pori-pori tersumbat. Blackhead merupakan whitehead yang teroksidasi sehingga warnanya menggelap. 

3. Papula dan Pustula

Bentuk bruntusan lainnya adalah papula dan pustula. Bruntusan kemerahan juga bisa muncul di jidat, disebut dengan papula (benjolan merah) dan pustula (benjolan merah dengan titik putih di tengah).

Bruntusan ini terjadi akibat peradangan dan lebih jarang muncul dibanding komedo. Jika Anda mengalami maslaah bruntusan ini, hindari untuk memencet atau menyubitnya karena hanya akan memperburuk kondisi kulit wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News