HOME, Santai

Kemparekraf Gelar Program IDEATHON Labuan Bajo, Tertarik Ikut?

Kemparekraf Gelar Program IDEATHON Labuan Bajo, Tertarik Ikut?

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat resmi berlaku sampai dua minggu ke depan. Sebagian besar masyarakat pasti akan lebih banyak berdiam diri di rumah.

Nah, ada baiknya Anda mengisi kegiatan di rumah dengan mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf).

Kompetisi yang dinamakan IDEATHON #RinduLabuanBajo adalah program kompetisi ide yang dilaksanakan Badan Pariwisata Otorita Labuan Bajo Flores untuk mengumpulkan ide-ide terbaik guna menciptakan inovasi yang mampu menyelesaikan tantangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo Flores.

Terdapat empat fokus pembahasan dalam IDEATHON #RinduLabuanBajo. Pertama adalah pariwisata, yakni bagaimana mendapatkan inovasi ide yang bisa menyelesaikan permasalahan manajemen perjalanan, aktivitas wisata, dan sumber daya manusia.

Kedua adalah kriya, yakni bagaimana mendapatkan inovasi ide yang bisa menyelesaikan permasalahan akses pasar, strategi pemasaran produk, dan manajemen pemberdayaan. 

Ketiga adalah sektor kuliner yang berupaya mendapatkan inovasi ide untuk menyelesaikan permasalahan kegiatan pemasaran, manajemen pemberdayaan, dan edukasi kewirausahaan.

Terakhir adalah fesyen, untuk mendapatkan inovasi ide yang bisa menyelesaikan permasalahan pelestarian tenun, inovasi desain, dan pemasaran produk.  

Baca Juga: Cara Cerdas Menyiapkan Dana untuk Membangun Rumah

Kriteria penilaian terhadap ide ini nantinya akan fokus pada problem solution, ide attractiveness, dan social impact.  

Adapun tahapan dari IDEATHON #RinduLabuanBajo dibuka dengan registrasi peserta mulai 28 Juni hingga 23 Juli 2021. Nantinya seluruh ide dari peserta yang diterima akan dikurasi oleh panitia untuk ditentukan 10 ide terbaik. 

Pengumuman 10 ide terbaik akan dilakukan pada 29 Juli 2021. Sebanyak 10 tim dengan ide terbaik akan melanjutkan ke tahap IDEATHON berikutnya yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo pada 2 hingga 5 Agustus 2021.

Tiga tim dengan ide terbaik akan menjadi pemenang dan idenya akan diimplementasikan serta berkesempatan mengikuti program lanjutan, yaitu Floratama Akademi. 

Menparekraf Sandiaga Uno berharap, kegiatan ini dapat mendorong terjadinya transformasi ide menuju pariwisata dan ekonomi kreatif yang produktif di tengah-tengah pandemi dan tantangan melambatnya ekonomi saat ini.

"Kita harus tetap inovatif, kreatif, dan berusaha meningkatkan keterampilan kita dalam menciptakan ide dan strategi kreatif serta langkah-langkah yang tepat. Kegiatan ini sangat tepat untuk dapat meningkatkan kapasitas serta kualitas para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga Uno. 

Baca Juga: Tai Chi Bisa Memperkuat Imun Tubuh, Cukup 30 Menit Sehari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News