HOME, Bugar

Kemkes Sediakan Layanan Telemedicine Gratis untuk Pasien Isoman

Kemkes Sediakan Layanan Telemedicine Gratis untuk Pasien Isoman

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Melonjaknya jumlah pasien Covid-19 membuat fasilitas kesehatan, seperti rumahsakit, klinik dan puskesmas kewalahan. 

Bahkan, banyak rumahsakit kini terancam kolaps karena kebanjiran pasien yang menderita Covid-19. Dalam situasi tersebut, pada akhirnya banyak orang terpaksa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Nah, untuk memastikan kondisi pasien yang isoman tetap terpantau dengan baik, Kementerian Kesehatan (Kemkes) membuka layanan telemedicine gratis.

Layanan yang dimulai pada Selasa (6/7) itu bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan perawatan serta pengobatan yang benar. 

Layanan telemedicine ini melibatkan 11 startup kesehatan yang akan menawarkan jasa konsultasi dan jasa pemberian obat secara gratis kepada masyarakat.

Baca Juga: Jangan Panik Bila Anda Terpapar Covid-19, Segera Lakukan Ini!

Lewat layanan itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ingin memastikan agar layanan perawatan ke masyarakat dapat berjalan dengan baik. 

"Terutama mereka yang positif Covid-19 tapi bergejala ringan, bahkan tidak bergejala itu tetap bisa mendapatkan penanganan secara cepat dan mudah," ujar Menkes Budi dalam jumpa pers daring, Senin (5/7).

Untuk itu, masyarakat dengan gejala ringan maupun tanpa gejala yang dinyatakan positif Covid-19 bisa langsung mengakses 11 aplikasi kesehatan yang telah bekerja sama dengan Kemkes.

Lewat platform tersebut, masyarakat bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program pendampingan Covid-19 secara pribadi atau berdiksusi mengenai keluhan yang dirasakan selama isoman. 

Selain jasa konsultasi, Anda juga bisa mendapatkan paket obat gratis yang disediakan oleh Kemkes. Caranya cukup dengan mengklik link yang tertera pada 11 platform kesehatan yang sudah berkerja sama dengan Kemkes.

Nantinya setiap keluhan dan masalah yang terkait dengan gejala yang timbul selama isoman akan dijawab oleh dokter. Namun demikian, layanan ini baru berlaku di DKI Jakarta sebagai wilayah dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia.

Berikut link dari 11 platform kesehatan yang menyediakan jasa tersebut: 

Baca Juga: Panduan Isolasi Mandiri Covid-19 di Rumah, Simak 3 Hal Penting

1. Alodokter, https://bit.ly/alodokter-isoman

2. GetWell, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell

3. Good Doctor, https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae dan GrabHealth, https://grab.onelink.me/2695613898/fe73b8c5

4. Halodoc, Bit.ly/isoman_halodoc

5. KlikDokter, https://bit.ly/kd-kemenkes-isoman

6. KlinikGo, https://klinikgo.com/isoman

7. Link Sehat, https://link.linksehat.com/mRMf

8. Milvik Dokter, https://milvik.id/about-us/

9. ProSehat, https://prosehat.com/wa

10. SehatQ, https://sehatqapp.onelink.me/bgzy?

11. YesDok, https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News