HOME

Kemenkes Bantah Keterkaitan Vaksinasi Covid-19 dengan Hepatitis Akut Pada Anak

Kemenkes Bantah Keterkaitan Vaksinasi Covid-19 dengan Hepatitis Akut Pada Anak

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan membantah adanya keterkaitan antara Vaksinasi Covid-19 dengan penyakit hapatitis akut pada anak.

"Kejadian ini dihubungan dengan Vaksin Covid-19 itu tidak benar, karena kejadian saat ini tidak ada bukti bahwa itu berhubungan dengan vaksinasi Covid-19," ujar Lead Scientist atas kasus ini, Hanifah Oswari dikutip dari situs resmi Kemenkes, Kamis (5/5).

Tak hanya soal vaksinasi Covid-19, Hanifah juga menerangkan, hingga saat ini pun belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya dengan virus Covid-19, tetapi adanya kejadian yang bersamaan (koinsiden).

Baca Juga: Kemenkes Lakukan Investigasi Kontak 3 Kasus Hepatitis Akut Pada Anak, Ini Hasilnya

Adapun, Kementerian Kesehatan sudah menerapkan beberapa hal sebagai upaya peningkatan kewaspadaan, pencegahan dan pengendalian infeksi hepatitis akut pada anak.

Upaya tersebut yakni mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

Kemenkes juga telah menunjuk Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr. Sulianti Saroso dan Laboratorium Fakultas Kedokteran UI sebagai laboratorium rujukan untuk pemeriksaan spesimen.

Seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan juga diminta untuk menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi, khususnya untuk infeksi virus. Setiap kabupaten pun diharapkan memiliki rumah sakit rujukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News