HOME

Kemenkes: 15 Provinsi Alami Penurunan Kasus Covid-19, 8 Provinsi Melandai

Kemenkes: 15 Provinsi Alami Penurunan Kasus Covid-19, 8 Provinsi Melandai

MOMSMONEY.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan penanganan Covid-19 yang mengalami perbaikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan kasus harian di 15 provinsi dan 8 provinsi yang mengalami pelandaian.

Pada Februari 2022, terdapat 14 provinsi yang mengalami penurunan kasus. 14 provinsi tersebut yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat. Pada Rabu (2/3), Sulawesi Selatan menjadi provinsi baru yang mencatat konsistensi penurunan kasus.

Sementara itu,  Maluku Utara adalah provinsi terbaru yang masuk daftar pelandaian kasus. Adapun, 7 provinsiyang kasusnya sudah mengalami pelandaian sejak Februari lalu yakni Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Gorontalo, Bengkulu, dan Lampung. 

Seiring dengan perbaikan tersebut, tren jumlah pasien dirawat di rumah sakit juga mengalami penurunan menjadi 32% pada Kamis (3/3), turun dari hari sebelumnya yang sempat di posisi 33%. Selain itu, rata-rata tujuh hari terakhir, positivity rate nasional mengalami penurunan menjadi 16,3% minggu ini dibandingkan minggu sebelumnya yang sempat tercatat di 18,2%. Kemenkes pun mengatakan akan terus berupaya mengendalikan pandemi dan menahan laju kasus.

“Setelah menunjukkan tren perbaikan yang cukup signifikan di akhir Februari lalu, pemerintah optimis akan terus mengendalikan pandemi dan berusaha menahan agar laju kasus tidak melonjak lebih tinggi lagi, terutama agar tidak membebani sistem layanan kesehatan,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.

Baca Juga: Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Vaksinasi Covid-19

Adapun, pada Kamis (3/3), aangka kasus konfirmasi secara nasional bisa ditekan ke angka 37.259, setelah sebelumnya sempat naik ke angka 40.920 (2/3). Kemudian angka kesembuhan pasien per hari berada di level 42.193 (3/3), berubah dari hari sebelumnya yang sempat mencapai 42.935 (2/3). Catatan lainnya adalah angka kematian yang juga kembali bisa ditekan ke angka 232 (3/3) dari hari sebelumnya yang sempat mencapai 376 (2/3).

Nadia mengatakan, vaksinasi lengkap diikuti vaksinasi booster adalah upaya paling efektif untuk mencegah lebih banyak kesakitan dan risiko kematian akibat Covid-19. Tak hanya bermanfaat bagi individu, vaksinasi pun bermanfaat bagi komunitas. 

Sebagai informasi, berdasarkan data yang diteliti Kemenkes, 69% dari 5.013 pasien COVID-19 yang meninggal, belum mendapat vaksinasi lengkap. Hal ini diperburuk juga oleh kondisi komorbid dan lanjut usia. Karenanya, Kemenkes pun mengingatkan untuk melakukan vaksinasi terutama bagi komorbid dan lansia dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News