HOME, Santai

Kelebihan Jaringan 5G Ketimbang 1G, 2G, 3G, dan 4G

Kelebihan Jaringan 5G Ketimbang 1G, 2G, 3G, dan 4G

MOMSMONEY.ID - Teknologi jaringan kini telah sampai pada generasi ke-5 yang disebut mampu mencakup banyak device dalam satu lokasi tanpa gangguan berarti. Jaringan terbaru ini dibentuk dari perkembangan jaringan sebelumnya, yaitu 1G, 2G, 3G, dan 4G.

Perkembangan Jaringan 1G sampai 5G

Huruf “G” pada setiap nama jaringan adalah singkatan dari “generation”. Setiap generasi jaringan memiliki kemampuan dan membawa perubahan. Nah, berikut ini adalah perkembangan dari setiap generasi jaringan yang ada di dunia.

1G (generasi pertama, tahun 1980-an): berkemampuan mengirimkan suara analog.

2G (generasi kedua, awal 1990-an): memperkenalkan suara digital.

3G (generasi ketiga, awal 2000-an): mengenalkan data seluler, seperti CDMA2000.

4G (generasi keempat, tahun 2010): mengenalkan era mobile broadband.

5G (generasi kelima, sekarang): menyediakan lebih banyak konektivitas.

Indosat Ooredoo luncurkan layanan 5G komersial

Baca Juga: Apa Itu YoWhatsApp dan Fiturnya

Kelebihan 5G Dibanding 4G

Berbeda dengan jaringan 1G, 2G, dan 3G yang masing-masing berbeda karakter, jaringan 4G dan 5G sesungguhnya memiliki karakter yang mirip. Namun, tentu jaringan 5G memiliki keunggulan. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan jaringan 5G dibanding 4G.

1. Jaringan 5G Menggunakan Spektrum Lebih Baik Ketimbang 4G
5G dirancang untuk memaksimalkan setiap bit spektrum di berbagai spektrum yang tersedia. 5G bisa berjalan di pita rendah (spektrum di bawah 1 GHz), pita menengah (spektrum 1 GHz sampai 6 GHz), hingga pita tinggi (di atas 6GHz, yang dikenal sebagai gelombang milimeter).

2. Jaringan 5G Lebih Cepat Ketimbang 4G
5G bisa mencapai kecepatan data puncak hingga 20 Gbps dan kecepatan data rata-rata lebih dari 100 Mbps. Hal-hal lain mungkin akan dipengaruhi oleh kemampuan device yang digunakan.

3. Jaringan 5G Memiliki Kapasitas Lebih Ketimbang 4G.
5G dirancang mampu 100 kali lebih efisien dalam kapasitas lalu lintas dan jaringan. Artinya, di sebuah lokasi, pengguna 5G dapat lebih banyak tanpa mengalami gangguan jaringan.

4. Jaringan 5G Memiliki Latensi yang Lebih Rendah Ketimbang 4G
5G memiliki latensi yang jauh lebih rendah untuk menghadirkan akses real-time yang lebih instan. Jika Anda menonton live streaming, maka tayangan yang Anda dapat benar-benar terjadi saat itu juga. Hal ini karena 5G menurunkan latensi end-to-end 10 kali hingga 1 md.

Baca Juga: LG PuriCare Mask, Gadget Canggih Berupa Masker Anti Virus

Meskipun nantinya jaringan 5G semakin meluas, namun hal itu tidak akan mempengaruhi kualitas jaringan 4G. Artinya, perangkat yang kini menggunakan jaringan 4G masih akan tetap dapat digunakan seperti biasa.

Selanjutnya: Punya Body Jumbo, Ini Harga dan Spesifikasi Infinix Note 10 Pro NFC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News