Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen yang Wajib Dipahami

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 05 Januari 2022 | 19:51 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen yang Wajib Dipahami

ILUSTRASI. Tertarik tinggal di apartemen? Simak kelebihan dan kekurangannya di sini.


MOMSMONEY.ID - Selain rumah tapak, apartemen merupakan jenis hunian yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama penduduk kota-kota besar.

Apartemen menawarkan beragam keunggulan yang membuatnya lebih nyaman ditempati bila dibandingkan dengan jenis hunian lainnya. Namun, jika Anda berminat untuk tinggal di apartemen, ada pula kekurangannya yang perlu Anda perhatikan.

Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan apartemen!

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Hunian di Indonesia, Apa Saja?

Kelebihan Tinggal di Apartemen

Lokasinya strategis

Dikutip dari Impressive Interior Design, salah satu alasan utama masyarakat perkotaan menyukai apartemen adalah lokasinya yang cenderung strategis. Biasanya, apartemen berlokasi di dekat pusat kota, pusat transportasi umum, atau area perkantoran, sehingga ideal untuk mereka yang ingin mencapai tempat-tempat tertentu dengan lebih efisien.

Fasilitas lengkap

Apartemen biasanya dilengkapi dengan beragam fasilitas yang sangat memanjakan penghuninya. Dilansir dari Pinhome, beberapa fasilitas yang umum ditemukan di apartemen meliputi pusat perbelanjaan, lapangan bermain, pusat kebugaran, hingga akses langsung ke mall tertentu.

Privasi dan keamanan terjamin

Apartemen terkenal dengan penjagaannya yang cukup ketat selama 24 jam, sehingga keamanan Anda akan lebih terjamin. Selain itu, apartemen akan cocok untuk Anda yang kurang suka bersosialisasi karena penghuninya jarang berinteraksi, sehingga menjaga privasi antarpenghuni apartemen.

Cocok untuk penyuka konsep minimalis

Jika Anda suka dengan konsep rumah minimalis, maka apartemen bisa menjadi pilhan yang tepat. Mengutip dari rumah123.com, apartemen memiliki luas yang terbatas sehingga akan “memaksa” Anda untuk memiliki barang secukupnya. Hal ini tentu sejalan dengan prinsip minimalisme yang mengutamakan penampilan rumah yang simpel dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Memilih Apartemen vs Rumah Tapak, Mana yang Lebih Baik?

Kekurangan Tinggal di Apartemen

Tidak punya lahan

Salah satu kekurangan yang membuat banyak orang ragu untuk tinggal di apartemen adalah keterbatasan lahan. Karena Anda tinggal di hunian vertikal, keberadaan lahan tentu mustahil didapatkan. Jadi, apartemen cenderung kurang cocok bagi Anda yang menginginkan rumah dengan lahan luas.

Individualisme lebih terasa

Di satu sisi, rasa privasi yang didapatkan dari kehidupan apartemen memang menguntungkan. Namun, hal ini bisa membuat Anda kurang mengenal tetangga, sehingga akan terasa kurang nyaman bagi Anda yang senang bersosialisasi dengan orang lain.

Baca Juga: Bikin Betah, Berikut 3 Inspirasi Dekorasi Apartemen Studio yang Minimalis dan Cozy

Harga dan biaya-biaya yang mahal

Jika dibandingkan dengan jenis hunian lainnya, harga beli dan sewa apartemen memang cenderung lebih mahal. Apalagi, ada biaya-biaya lainnya yang biasanya harus dibayarkan, misalnya biaya perawatan fasilitas apartemen dan biaya utilitas (listrik, air, dan lain-lain).

Luas yang terbatas

Selain lahan yang nyaris tidak ada, luas ruangan yang terbatas merupakan salah satu kekurangan apartemen yang perlu diperhatikan. Sebagai contoh, apartemen tipe 2 bedroom biasanya memiliki luas ruangan sekitar 40 meter persegi. Karena tidak ada lahan, apartemen bisa terasa lebih sempit dan membatasi pergerakan Anda.

Peraturan lebih ketat

Karena memiliki penjagaan yang ketat, peraturan di dalam apartemen tentu juga penuh dengan aturan yang ketat. Misalnya, Anda tidak bisa sembarangan memasang paku, memasukkan barang-barang besar, hingga dilarang memelihara hewan seperti anjing dan kucing. Jadi, apartemen kurang cocok bagi Anda yang tidak suka dikekang berbagai peraturan.

Itulah kelebihan dan kekurangan apartemen yang bisa Anda pertimbangkan. Bagaimana, apakah Anda semakin mantap untuk tinggal di apartemen, atau justru ingin mencoba tinggal di hunian lainnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER