HOME, Keluarga

Kelebihan dan Kekurangan Memasang CCTV di Rumah, Wajib Tahu!

Kelebihan dan Kekurangan Memasang CCTV di Rumah, Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Kejahatan merupakan hal yang bisa terjadi di mana saja, termasuk di dalam dan luar rumah kita.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya lingkungan tempat tinggal terasa lebih aman dan tenteram. Salah satunya adalah dengan memasang jaringan kamera CCTV di rumah.

Nah, jika Anda tertarik untuk memasang CCTV di rumah, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dirangkum dari laman A1 Security Cameras dan Residence Style, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Anda Sering Digigit Nyamuk? Inilah 5 Penyebab Seseorang Lebih Sering Digigit Nyamuk

Kelebihan Memasang CCTV

Mengawasi kegiatan di dalam dan luar rumah

Ketika Anda berada jauh dari rumah, keamanan di sekitar rumah mungkin menjadi kekhawatiran utama karena Anda tidak bisa mengawasi rumah dengan saksama. Untungnya, CCTV bisa membantu mengawasi atau memonitor segala kegiatan yang terjadi di sekitar rumah, baik di dalam maupun di luar rumah.

Selain itu, jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, saat ini sudah tersedia CCTV yang bisa dihubungkan dengan ponsel sehingga Anda bisa memonitor kegiatan mereka di mana saja dan kapan saja.

Barang bukti kejahatan

Jika ada tindak kejahatan yang terjadi di sekitar rumah, CCTV bisa membantu memberikan barang bukti yang akurat ketika para saksi mata melupakan detail-detail tertentu. Apalagi, CCTV biasanya dilengkapi dengan gambar yang jelas dan catatan mengenai tanggal dan waktu kejadian.

Identifikasi pelaku kejahatan

Selain menjadi barang bukti kejahatan, CCTV juga dapat merekam para pelaku kejahatan sehingga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengidentifikasi para pelaku tersebut. Hanya dengan berbekal rekaman CCTV mengenai kejadian tertentu, biasanya pihak berwenang akan mampu melacak dan menangkap pelakunya.

Baca Juga: Apa Saja Bau yang Tidak Disukai Tikus? Ini Penjelasannya

Kekurangan Memasang CCTV

Mengganggu privasi

CCTV memang bisa merekam seluruh kegiatan yang terjadi di sekitar rumah Anda, sehingga membuat lingkungan rumah lebih aman. Namun, hal ini juga bisa menjadi bumerang karena dianggap mengganggu privasi orang lain, bahkan privasi penghuni rumah sekalipun.

Peralatannya mahal

Sudah bukan rahasia lagi jika pemasangan CCTV dan perlengkapannya memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga terkadang tidak dianggap sebagai kebutuhan yang mendesak untuk pemilik rumah. Jika Anda berencana untuk memasang CCTV, lebih baik siapkan budget-nya terlebih dahulu.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Rumah dengan 1 Lantai, Yuk Pahami!

Bisa dirusak orang tidak bertanggungjawab

Mungkin Anda pernah melihat rekaman CCTV yang memperlihatkan orang tidak bertanggungjawab merusak kamera CCTV sebelum melakukan kejahatan. Jika Anda memasang CCTV di rumah, hal yang sama bisa saja terjadi sehingga merugikan Anda. Solusinya, tempatkan CCTV di area tersembunyi sehingga meminimalisir risiko perusakan tersebut.

Cakupan yang terbatas

Walaupun CCTV sangat membantu dalam memonitor kegiatan di sekitar rumah, alat ini masih memiliki keterbatasan karena CCTV tidak bisa mencakup atau menjangkau seluruh area. Jika Anda membutuhkan cakupan yang lebih luas, tentu Anda butuh lebih banyak kamera sehingga butuh biaya tambahan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan CCTV yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News