HOME, Bugar

Kaya Serat, Buah-buahan Ini Ampuh Atasi Sembelit Mengganggu

Kaya Serat, Buah-buahan Ini Ampuh Atasi Sembelit Mengganggu

MOMSMONEY.ID - Sembelit atau konstipasi sering membuat seseorang yang mengalaminya jadi kewalahan. Penderita harus menghadapi berbagai keluhan yang tidak mengenakkan. 

Sembelit ini terjadi ketika tinja bergerak terlalu lamban dalam sistem pencernaan, dan tak bisa dikeluarkan secara efektif dari rektum. Imbasnya, sulit dikeluarkan dari rectum, dikutip dari Healthline.

Penyebab sembelit beragam, mulai dari perubahan pola makan, kurangnya aktivitas fisik, efek samping obat-obatan, sampai gangguan psikis.  

Pada dasarnya, cara mengatasi sembelit tidak harus selalu melalui obat-obatan pencahar. Terdapat beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk sembelit.

Mengatasi sembelit secara alami bisa dengan mengonsumi buah-buahan berikut ini. 

Baca Juga: Manfaat Buah Aprikot, Bisa Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol Tubuh

1. Apel

Apel mengandung sekitar 3.6 gram serat dalam satu biji. Serat ini berfungsi menyehatkan saluran pencernaan, membantu pembentukan tinja, dan membuat buang air besar jadi lebih teratur.   

Apel juga mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin. Kandungan pektin dalam buah apel bisa mempercepat waktu transit di usus besar, mengurangi gejala sembelit, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

2. Pir

Buah pir mengandung serat untuk melancarkan buang air besar. Pir mengandung sorbitol (a sugar alcohol) yang bertindak sebagai agen osmotik untuk menarik air ke dalam usus, dan merangsang buang air besar. 

Di samping itu, pir juga mengandung fruktosa yang dapat merangsang pergerakan usus. Nah, fruktosa dan sorbitol inilah yang berfungsi sebagai pencahar alami.

Baca Juga: Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Sistem Pencernaan

3. Pepaya​

Pepaya adalah salah satu makanan yang dapat mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung enzim papain yang paling tinggi ketika buah tersebut matang. 

Enzim tersebut membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh. Bahkan, enzim ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pelunak daging.  

Pepaya juga kaya serat dan kandungan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit, dan meningkatkan keteraturan serta saluran pencernaan yang sehat. 

4. Kiwi

Satu buah kiwi berukuran sedang (69 gram) mengandung dua gram serat. Kiwi terbukti merangsang pergerakan di saluran pencernaan, membantu mendorong pergerakan usus.  

Sama halnya dengan apel, menurut studi kiwi bisa membantu mempercepat waktu transit usus, mengurangi penggunaan pencahar, dan memperbaiki gejala sembelit.

Jika Anda mengalami susah buang air besar, sebaiknya Anda mengonsumsi buah-buahan ini untuk membantu mengatasi permasalahan susah buang air besar.

Selanjutnya: Bahaya Di Balik Konsumsi Berlebihan Dosis Vitamin D

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News