HOME, Bugar

Kaya Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kacang panjang merupakan tanaman sayur yang cukup populer di dunia kuliner Asia Tenggara dan Asia Timur.

Mengonsumsi kacang panjang bisa melengkapi gizi harian karena kaya akan protein, karbohidrat, kalium, fosfor, tetapi juga zat gizi lainnya, dikutip dari Mayo Clinic.

Kacang panjang segar adalah salah satu sumber folat terbaik. Kandungan vitamin C pada kacang panjang juga cukup memenuhi 31% kebutuhan harian untuk tubuh.

Baca Juga: Waspadai! Ini Efek Samping Mengonsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan

Selain itu, dirangkum dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Meredakan nyeri haid

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang pertama adalah meredakan nyeri haid. Manfaat ini berasal dari kandungan mineral mangan yang ada pada kacang panjang. 

Kandungan mangan pada kacang panjang dapat mengurangi frekuensi atau meringakan rasa sakit karena kram perut selama menstruasi. 

2. Menurunkan kadar glukosa

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang kedua adalah menurunkan kadar glukosa. 

Kacang panjang juga mengandung sifat antihiperglikemik sehingga mampu menurunkan sensitivitas tubuh terhadap gula darah (glukosa). 

3. Mengurangi risiko asam urat

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang ketiga adalah mengurangi risiko asam urat. Manfaat ini masih berkaitan dengan kandungan vitamin C pada kacang panjang. 

Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan bahan kimia beracun.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Inilah Sederet Manfaat Diet Buah yang Bisa Anda Rasakan

4. Mencegah kanker

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang keempat bisa membantu mencegah kanker. Kacang panjag mengandung antioksidan nabati, termasuk flavonoid, dan riboflavin.

Dua senyawa ini diketahui dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Di samping itu, kacang panjang mengandung tinggi asam folat.

5. Meningkatkan stamina tubuh

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang terkahir adalah meningkatkan stamina tubuh.

Kacang panjang yang kaya akan zat besi dapat memicu pembentukan sel darah merah sebagai pembawa oksigen dan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar.

Itulah beberapa manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang bisa Anda konsumsi sekaligus mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisinya untuk mencukupi kebutuhan gizi harian Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News