kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaya Antioksidan, 5 Manfaat Bawang Hitam yang Terbukti Dalam Penelitian


Selasa, 23 Mei 2023 / 16:05 WIB
Kaya Antioksidan, 5 Manfaat Bawang Hitam yang Terbukti Dalam Penelitian


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bawang hitam mengandung antioksidan tinggi yang telah terbukti memberikan manfaat positif untuk tubuh, salah satunya menurunkan kolesterol jahat. 

Bawang hitam disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga banyak digunakan dalam pengobatan alami. 

Baca Juga: 3 Manfaat Susu dengan Madu yang Kaya Nutrisi

Mengutip dari Healthline, bawang hitam berasal dari bawang putih mentah yang telah difermentasikan di bawah kondisi suhu tinggi dan kelembaban tinggi yang terkontrol selama beberapa minggu. 

Bawang hitam memiliki rasa yang lebih lembut dan lengket dibandingkan bawang putih. 

Berikut manfaat bawang hitam untuk kesehatan: 

1. Mengelola gula darah 

Dalam penelitian tahun 2019 pada tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan gula, pengobatan dengan ekstrak bawang hitam menghasilkan perbaikan metabolisme seperti penurunan kolesterol, peradangan, dan pengaturan nafsu makan. 

Sebuah penelitian tahun 2009 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa kandungan antioksidan bawang hitam bisa membantu melindungi dari komplikasi yang sering diakibatkan oleh gula darah tinggi. 

Penelitian lainnya yang melibatkan 226 orang perempuan berisiko diabetes menunjukkan bawang hitam yang difermentasi menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus bisa membantu mencegah perkembangan diabetes gestasional. 

2. Mencegah penyakit jantung 

Sebuah penelitian hewan menunjukkan ekstrak bawang hitam membantu mengurangi lemak darah total, trigliserida, dan kolesterol total pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Hasil penelitian yang melibatkan 60 orang dengan kolesterol tinggi menunjukkan bahwa konsumsi 6 gram ekstrak bawang hitam setiap hari selama 12 minggu bisa meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi potensi penyakit jantung.  

3. Melindungi kesehatan otak 

Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa bawang hitam bisa mengurangi peradangan otak yang disebabkan oleh beta amiloid dan meningkatkan daya ingat jangka pendek. 

Penelitian lainnya yang dilakukan pada tikus menunjukkan pemberian ekstrak bawang hitam mencegah stres oksidatif yang menyebabkan gangguan memori.

4. Antikanker 

Para peneliti menemukan larutan ekstrak bawang hitam beracun bagi sel kanker paru-paru, payudara, lambung, dan hati dalam waktu 72 jam. 

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahawa bawang hitam menyebabkan sel kanker mulai mati pada kanker kanker usus besar. 

5. Menjaga kesehatan hati 

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa bawang hitam meningkatkan fungsi hati dalam kasus kerusakan hati akibat alkohol kronis.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Jus Ini Bermanfaat Menutrisi dan Mencerahkan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×