Kaya Akan Serat, Ini Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 26 November 2021 | 09:42 WIB
Kaya Akan Serat, Ini Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil

ILUSTRASI. Kaya Akan Serat, Ini Manfaat Sawo Untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Siapa yang tidak kenal dengan buah sawo? Buah berwarna cokelat bercita rasa super manis ini ternyata punya banyak manfaat. 

Buah sawo atau Manilkara zapota merupakan buah yang tinggi serat. Tekstur buah ini seperti berpasir, namun rasanya manis dan legit.

Kulit sawo berwarna kecokelatan, daging buahnya juga berwarna cokelat, serta memiliki biji kecil berwarna hitam. 

Dalam 1 buah sawo terkandung sekitar 140 kalori. Selain itu, buah sawo banyak mengandung karbohidrat, protein, serat, kalium, magnesium, kalsium, folat, antioksidan, dan beragam vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, dilansir dari Mayo Clinic.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, mengonsumsi sawo bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, antara lain sebagai berikut.

1. Menjaga berat badan ideal

Tingginya kandungan serat dalam buah sawo membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Hal tersebut dapat menekan nafsu makan, sehingga berat badan dapat terkontrol.

Untuk hasil yang maksimal, imbangi dengan olahraga rutin.

2. Meringankan kram kaki

Kram kaki merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya perubahan hormon selama kehamilan, dehidrasi, atau kekurangan mineral penting saat hamil, seperti kalsium, kalium, atau magnesium, dikutip Healthline.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung, kalium pada buah sawo berkhasiat untuk meringankan kram kaki saat hamil.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam sawo bukan hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi juga menunjang perkembangan tulang dan penyerapan zat besi dari makanan.

Baca Juga: Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah anemia

Selain bermanfaat untuk daya tahan tubuh, vitamin C pada sawo memiliki peranan untuk membantu penyerapan zat besi pada tubuh ibu hamil.

Kehadiran zat besi saat hamil sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Dengan tercukupinya kebutuhan zat besi, ibu hamil bisa tercegah dari anemia atau kurang darah.

Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan berbagai masalah pada kehamilan, seperti bayi terlahir secara prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

5. Meredakan demam

Sawo bersifat antiradang dan antipiretik, yang dapat meredakan demam dan peradangan dalam tubuh. Kedua sifat tersebut dapat membantu mengurangi infeksi bakteri dan virus dalam tubuh, dilansir Mayo Clinic.

Selain itu, walaupun jarang, sebagian orang mungkin mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah sawo.

Jika ibu hamill alergi terhadap sawo atau memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi buah ini.

Selanjutnya: Anda Mengalami Trust Issue? Cek Tandanya Berikut Ini

Editor: Helvana Yulian
Terbaru