Kata Dokter Tentang Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas Menurunkan Berat Badan

Sumber: Kompas.com
Selasa, 07 September 2021 | 05:30 WIB
Kata Dokter Tentang Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Jakarta. Banyak yang mempercayai, air rebusan kulit nanas bisa bermanfaat membantu menurunkan berat badan. Benarkah air rebusan kulit nanas bisa menurunkan berat badan?

 

Buah nanas merupakan jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Selatan dan memiliki sejumlah manfaat.  Nanas diketahui mengandung nutrisi, antioksidan, dan senyawa lain, seperti enzim yang dapat melawan penyakit.

Antioksidan dalam nanas dapat membantu tubuh melawan stres oksidatif akibat radikal bebas. Selain itu, nanas juga dapat mlancarkan pencernaan karena mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain. 

Belakangan di media sosial muncul unggahan cara melangsingkan badan menggunakan air rebusan nanas dengan kulitnya. Salah satu warganet  yang membagikan video merebus nanas adalah akun TikTok @rosalisa34. “Aku pejuang langsing. Asli minum ini nggak ngerasa lapar… makanya bisa langsing… nanas rebusnya buat camilan mantapp,” tulis dia

Netizen lain yang membagikan video merebus nanas beserta kulitnya adalah akun @momsakhi. “Ikut Ikutan ngerebus kulit nanas… Kita lihat true or false neh?” ujar dia.

Baca juga: Jangan diremehkan, ini 8 tanda serangan jantung ringan

Lantas benarkah mengkonsumsi nanas dan air rebusan kulit nanas dapat membantu menurunkan berat badan?

Penjelasan dokter tentang manfaat air rebusan nanas

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu, Dr. Inggrid Tania mengatakan, merebus nanas termasuk dengan kulitnya, ataupun merebus kulitnya saja, hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan. Inggrid menjelaskan buah nanas, ataupun bagian kulitnya mengandung vitamin C dan juga mengandung enzim bromelain.

Enzim ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan juga melancarkan pencernaan. Sehingga, air rebusan nanas dan kulitnya dinilai dapat bermanfaat untuk menjaga berat badan ataupun membantu untuk menurunkan berat badan.

Namun Inggrid juga menekankan, bahwa untuk menurunkan berat badan, tak bisa hanya mengandalkan mengkonsumsi air rebusan kulit nanas saja. Menurutnya dalam upaya menurunkan berat badan ada beberapa hal yang harus diperhatikan termasuk soal keseimbangan diet dan sebagainya. “Sepanjang konsumsi itu tidak berlebihan, boleh-boleh saja (minum air rebusan nanas),” ujar Inggrid dihubungi Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Pihaknya juga menjelaskan, jika konsumsi air rebusan nanas atau kulitnya jika dikonsumsi berlebihan maka hal tersebut berisiko menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan.   

Efek samping dan alergi

Selain itu, saat mengkonsumsi air rebusan nanas ataupun kulitnya bisa pula ditambahkan kunyit. Hal tersebut untuk mengurangi risiko efek samping dengan cara merebusnya kemudian menyaring dan menuangkannya ke gelas.

Inggrid juga mengingatkan soal alergi atau iritasi. Seseorang dengan alergi nanas sebaiknya menghindari mengkonsumsi nanas, termasuk untuk diet.  "Ketika mau menyiapkan kulit nanas itu sebelum direbus harus benar-benar dibersihkan. Kalau perlu tidak hanya dengan air mengalir tapi juga sambil disikat karena sering tersembunyi kotoran-kotoran yang bisa saja mengandung bakteri dan mungkin mengandung pestisida juga,” jelasnya.

Sementara untuk untuk penderita maag, Inggrid menyarankan untuk mengkonsumsi air rebusan nanas sesudah makan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya nyeri lambung atau perut menjadi kembung.

Itulah manfaat air rebusan nanas dan kulitnya. Ingat, untuk menurunkan berat badan, lakukan kombinasi diet dan olahraga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Air Rebusan Nanas Dipercaya Dapat Menurunkan Berat Badan, Benarkah?",


Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rizal Setyo Nugroho

 

Selanjutnya: Inilah 4 Buah yang Mengandung Kolagen untuk Kecantikan Kulit

 

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru