Bugar

Kasus Covid-19 Meningkat, Ingat Jaga Protokol Kesehatan dan Lakukan Vaksinasi Booster

Kasus Covid-19 Meningkat, Ingat Jaga Protokol Kesehatan dan Lakukan Vaksinasi Booster

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Dalam satu minggu terakhir, kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan di 30 provinsi. Secara level nasional, selama empat hari terakhir, terdapat peningkatan kasus sebanyak 4.700-4.900 kasus.

Melihat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan masyarakat terus mengedepankan protokol kesehatan, seperti memakai masker di dalam maupun di luar ruangan, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun.

Kemudian, melakukan tes bila mengalami gejala Covid-19 hingga melakukan vaksinasi booster.

"Disiplin memakai masker, tujuan kita tidak hanya melindungi diri sendiri tetapi juga orang lain di sekitar kita. Segera juga lakukan booster, untuk mengurangi kesakitan dan kematian akibat Covid-19," ujar juru bicara Kemenkes Muhammad Syahril, dikutip dari situs Kemenkes, Rabu (9/11).

Baca Juga: Favorit Semua Orang, Ini Sederet Manfaat Tempe yang Sayang untuk Dilewatkan

Menurut Syahril, saat ini juga belum bisa dikatakan aman dari pandemi Covid-19, mengingat masih ada potensi terjadi mutasi varian baru.

Bagi masyarakat yang positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri (isoman), Kemenkes meminta untuk memanfaatkan akses telemedisin isoman Kemenkes. Dengan layanan ini, masyasrakat akan mendapatkan layanan konsultasi dan layanan obat gratis.

Namun, Syahril mengingatkan, layanan telemedisin gratis ini bisa masyarakat dapatkan selama melakukan tes di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

Sementara sebagai antispasi lonjakan kasus, Kemenkes melakukan berbagai upaya pencegahan di hulu, mulai dari kesiapsiapan rumahsakit dan fasilitas pelauanan kesehatan lainnya hingga peningkatan upaya tracing dan testing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News