Keluarga

Kasus Covid-19 Melonjak di Atas 1.100 kasus, Simak 3 Imbauan dari Jokowi

Kasus Covid-19 Melonjak di Atas 1.100 kasus, Simak 3 Imbauan dari Jokowi

MOMSMONEY.ID - Dalam tiga hari terakhir, kasus harian Covid-19 di Indonesia di atas 1.100 kasus, melonjak tinggi dibanding awal tahun. Ini 3 imbauan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Mengutip data Satgas Covid-19, kasus harian Covid-19 di Indonesia di atas 1.100 kasus pada Selasa (18/4), Rabu (19/4), dan Kamis (20/4), masing-masing 1.343, 1.242, dan 1.145.

Sebelumnya, sejak awal tahun, kasus harian Covid-19 di Indonesia di bawah 1.000 kasus, bahkan pernah di kisaran 100 kasus. Hanya pada 14 April lalu menyentuh 1.017 kasus.

Lonjakan kasus Covid-19 terjadi di tengah arus mudik Lebaran dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, dengan pergerakan masyarakat yang sangat tinggi.

Baca Juga: Jelang Lebaran Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak 64%, Singapura Lebih Tinggi Lagi

Jokowi pun kembali mengimbau masyarakat mengenai, pertama, pentingnya vaksinasi Covid-19, baik dosis pertama hingga booster kedua. 

Presiden menyebutkan, hal tersebut merupakan salah satu langkah dalam menghadapi tren penyebaran Covid-19 yang kembali meningkat.

"Saat ini, penyebaran COVID-19 mulai agak meningkat, namun kita tidak perlu menyikapinya secara berlebihan," katanya, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (20/4).

"Dan, untuk itu, saya mengingatkan kembali pentingnya vaksinasi, baik vaksinasi pertama dan kedua, maupun booster yang pertama dan kedua," ucap Jokowi.

Baca Juga: Ada Covid Varian Arcturus, Begini Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik dan Lebaran

Kedua, Kepala Negara meminta masyarakat agar tetap waspada dan mengikuti anjuran pemerintah untuk menekan kasus Covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker jika sedang merasa sakit.

"Saya meminta bagi mereka yang merasa flu atau demam, agar menggunakan masker. Demikian juga dengan yang memiliki komorbid, gunakanlah masker, dan jika bertemu dengan lansia juga sebaiknya menggunakan masker," tegas Presiden.

Ketiga, Jokowi meminta masyarakat tetap patuh menjaga kebersihan dengan mencuci tangan seusai berkegiatan.

"Terakhir, jangan lupa untuk mencuci tangan setelah kita berkegiatan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News