Keluarga

Kasur Spring Bed Cepat Rusak? Hindari Lakukan Kebiasaan Ini!

Kasur Spring Bed Cepat Rusak? Hindari Lakukan Kebiasaan Ini!

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu penyebab kasur spring bed mudah rusak. Ini, lo, kebiasan buruk yang merusaknya.

Kasur adalah salah satu benda di rumah yang sering Anda gunakan. Kita menghabiskan selama sepertiga waktu per harinya di atas kasur. 

Tak heran, kasur spring bed pun membutuhkan perawatan supaya tak mudah rusak karena sering digunakan.

Ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari untuk mencegah kasur cepat rusak. 

Sayangnya, selama merasa masih nyaman berbaring di atas kasur spring bed, biasanya Anda abai. Anda mungkin juga tak terlalu banyak melakukan perawatan untuk kasur spring bed Anda. 

Baca Juga: Coaching Clinic Untuk Penjual UMKM Bidang Fesyen di Bandung

Padahal, saat kasur spring bed sudah rusak, solusi paling mudah adalah membeli baru yang membutuhkan biaya besar. Supaya tak mudah rusak, Anda perlu tahu penyebab kasur spring bed rusak. 

Melansir In The Box dan Kompas, berikut penyebab kasur spring bed Anda mudah rusak:

1. Tidak menjemur kasur spring bed

Menjemur kasur spring bed bukan pekerjaan yang mudah dilakukan secara rutin. Terutama karena dimensi dan berat kasur. Padahal kasur sangat perlu Anda jemur minimal satu bulan sekali.

Tujuannya, agar kasur tidak lembap dan jamur. Menghilangkan kedua hal ini tidak cukup Anda vacuum cleaner saja, tetapi harus terkena sinar Matahari.

2. Melompat di atas kasur spring bed

Kasur spring bed terbuat dari per atau pegas yang membuat kasur mudah memantulkan pergerakan. Nah, bahan ini kerap menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk melompat di kasur.

Padahal, melompat di kasur bisa membuat lapisan busa dan per rusak meski tidak secara langsung. 

3. Menggunakan seprai gantung

Seprai gantung adalah seprai yang memiliki ujung terurai menutupi kaki ranjang. Meski membuat kasur lebih elegan, ternyata menggunakan seprai gantung menjadi penyebab kasur spring bed Anda mudah rusak. 

Seprai gantung tidak terlalu berfungsi menutupi kasur dengan sempurna. Hal ini membuat debu dan tungau bisa bebas masuk ke permukaan kasur membuat kasur jadi rapuh dan rusak.

Baca Juga: Ingin Ubah Nada Dering WhatsApp Jadi Antimainstream? Begini Cara Mudahnya

4. Tidak merotasi kasur spring bed

Beberapa area kasur memiliki kecenderungan cenderung cekung sebelum waktunya. Area ini biasanya yang terkena tekanan berat dari sekitar pinggul dan bahu.

Untuk menjaganya lebih awet dan tidak mudah rusak, penting bagi Anda untuk rutin merotasi kasur Anda sehingga tidak cekung di beberapa bagian saja. 

5. Tidak pernah membersihkan kasur spring bed

Meski terlihat bersih, kasur spring bed banyak menyimpan kotoran dan serangga. Kasur adalah tempat perkembangbiakan bakteri untuk air liur, keringat, sel kulit mati dan jutaan tungau debu. 

6. Menggunakan ranjang yang salah

Saat Anda menggunakan ranjang, sebaiknya sesuaikan ranjang dengan jenis kasur. Misalnya jika ranjang terlalu kecil dibandingkan kasur spring bed, kasur Anda bisa berubah bentuk dan tidak nyaman. 

Demikian 6 penyebab kasur spring bed Anda di rumah mudah rusak. Hindari melakukan hal-hal di atas supaya kasur Anda lebih awet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News