HOME, Santai

Kartu Telkomsel Anda Tidak Tersambung Internet? Ini Cara Mengatasinya

Kartu Telkomsel Anda Tidak Tersambung Internet? Ini Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Walaupun terdengar sepele, kartu seluler yang tidak bisa tersambung ke internet bisa menjadi masalah yang menghambat produktivitas sehari-hari.

Pasalnya, ponsel dengan kartu seluler yang terkoneksi ke internet merupakan kunci untuk produktivitas di masa modern seperti sekarang, apalagi jika ponsel Anda tidak terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Jadi, Anda perlu tahu bagaimana caranya mengatasi masalah kartu yang tidak tersambung ke jaringan internet supaya tidak terjadi berkepanjangan.

Khusus untuk pengguna Telkomsel, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Baca Juga: Promo MyTelkomsel Daily Check-In, Ada Bonus Cashback dan Kuota Internet

Cek sisa pulsa

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek sisa pulsa Telkomsel. Pulsa yang tidak cukup bisa menjadi penyebab kartu Telkomsel Anda tidak bisa tersambung ke jaringan internet.

Jika Anda menggunakan layanan pascabayar, pastikan Anda telah membayar tagihan kartu Telkomsel supaya dapat mengakses jaringan internet.

Untuk mengisi pulsa dan membayar tagihan, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi MyTelkomsel atau platform langganan Anda.

Cek sisa kuota internet

Selanjutnya, Anda dapat mengecek sisa kuota internet yang dimiliki. Jika kuota internet habis, kartu Telkomsel Anda pun tidak akan terhubung ke jaringan internet.

Anda bisa mengecek sisa kuota internet Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, situs web MyTelkomsel, menghubungi kode UMB di *888#, atau menghubungi Asisten Virtual Telkomsel dengan mengetik “Cek Kuota”.

Jika kuota internet Anda ternyata habis atau sudah tidak berlaku, Anda bisa membeli paket data melalui platform langganan, misalnya di aplikasi MyTelkomsel, mobile banking, atau e-commerce.

Baca Juga: Koneksi Internet Telkomsel Lemot? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Cek pengaturan APN di ponsel

Supaya dapat mengakses jaringan internet Telkomsel, Anda perlu memastikan pengaturan APN (Access Point Network) di ponsel Anda sudah terkonfigurasi dengan benar.

Pengaturan APN Anda harus dikonfigurasi ke ‘Internet’ dengan username dan password yang dikosongkan.

Berikut cara untuk mengatur APN 4G Telkomsel:

  • Android: Buka Settings > Mobile Network Setting > Access Point Names > Isi pengaturan APN baru Anda. Ketik ‘Internet’ dan kosongkan username serta password.
  • iOS: Buka Settings > Cellular > Cellular Data Options > Cellular Data Network > Isi pengaturan APN Anda.

Baca Juga: Promo ShopeePay Super Online Deals, Beli Paket Data di MyTelkomsel Cashback 100%

Lakukan refresh jaringan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kartu yang tidak tersambung internet adalah dengan melakukan refresh jaringan.

Cara melakukan refresh jaringan Telkomsel sangat mudah. Anda hanya tinggal menyalakan airplane mode di ponsel Anda selama beberapa saat, lalu matikan kembali.

Pastikan Anda memilih mode jaringan single network (2G/3G/4G only) supaya koneksi internet bisa kembali lancar.

Pindah lokasi

Kartu yang tidak tersambung internet kadang disebabkan oleh kekuatan koneksi jaringan yang lemah di suatu tempat.

Jadi, jika Anda mengakses internet dari dalam gedung, cobalah untuk berpindah ke bagian lain gedung yang memiliki koneksi jaringan lebih kuat. Misalnya, berpindah dari basement ke area terbuka.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kartu Telkomsel yang tidak tersambung jaringan internet. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News