HOME, AturUang

Karakter Investasi Pria dan Wanita Ternyata Tidak Sama, Ini Perbedaannya!

Karakter Investasi Pria dan Wanita Ternyata Tidak Sama, Ini Perbedaannya!

MOMSMONEY.ID -Investasi biasanya dibedakan berdasarkan usia atau tujuan keuangan investornya. Namun, secara gender, investasi antara perempuan dan pria juga bisa berbeda.

Pertama soal jatah investasinya. Agustina Fitria, perencana keuangan Oneshildt mengatakan, jatah investasi biasanya tergantung pada kedisiplinan investor. 

Menurutnya, perempuan cenderung lebih emosional sehingga lebih tergoda untuk membeli sesuatu ikut-ikutan dan tidak disiplin. "Jadi porsi investasi perempuan belum tentu lebih besar. Kalau dia tergoda ikutan-ikutan belanja konsumtif bisa jadi investasinya kurang," ujar Agustina. 

Baca Juga: Investor Pemula Hindari Trading Saham Apalagi Sampai Berhutang

Akan tetapi, jika dalam satu keluarga, suami dan istri bekerja , pria umumnya adalah pemberi nafkah keluarga jadi porsi penghasilannya lebih untuk mendukung biaya hidup. Dengan begitu, sehingga porsi untukk investasi bisa lebih kecil daripada perempuan. 

Kemudian dari pemilihan investasi berdasarkan tingkat risikonya juga berbeda. Agustina berpendapat pria memang diciptakan untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar, karena itu dituntut untuk berani mengambil risiko. 

Selain itu, Agustina menilai pria lebih dinamis dalam berinvestasi yakni bisa berganti-ganti produk. Bahkan cenderung aktif trading. Termasuk investasi untuk tujuan jangka panjang.

"Sedangkan perempuan lebih cenderung tetapdi satu produk. Bisa jadi krn memang dari sisi pengetahuan lebih terbatas," ungkap Agustina. 

Selanjutnya: Bijak Gunakan Paylater, Bisa untuk Modal Bisnis dan Kebutuhan Darurat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News