HOME, Santai

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menimbang Berat Badan? Ini Jawabannya

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menimbang Berat Badan? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Berat badan yang tak kunjung turun bisa menjadi beban pikiran sendiri bagi seseorang.

Apalagi jika sudah melakukan diet dan olahraga yang tepat namun berat badan tak kunjung turun, maka kesalahan saja terjadi pada cara Anda menimbang badan.

Berikut ini adalah waktu dan aturan yang tepat untuk menimbang berat badan Anda.

Baca Juga: Terungkap! Ini Sederet Alasan Mengapa Banyak Pasangan Memilih Child Free!

Lakukan saat pagi

Melansir dari laman Greatist, waktu yang tepat untuk menimbang berat badan adalah saat pagi hari setelah buang air kecil, namun sebelum Anda mengkonsumsi makanan pagi. Jika memungkinkan, gunakan pakaian setipis mungkin saat sedang menimbang badan.

Mengapa saat pagi? Hal tersebut dikarenakan waktu tersebut adalah waktu yang paling konsisten untuk menimbang badan. Sebelum makanan dan minuman mulai mempengaruhi berat badan yang membuat berat badan seolah-olah tetap.

Lakukan seminggu sekali

Keinginan untuk memantau perkembangan hasil diet tentunya bisa membuat keinginan untuk menimbang badan setiap hari juga meningkat.

Padahal ada baiknya untuk tidak menimbang badan setiap hari. Luangkan waktu satu hari dalam seminggu untuk menimbang badan karena hasilnya akan lebih akurat. Sebagai tips, timbanglah berat badan di hari biasa atau weekdays untuk memberikan tubuh waktu memproses makanan saat weekend.

Baca Juga: Susah Mengontrol Keinginan Belanja? Bisa Jadi Oniomania Disorder, Loh!

Jangan menimbang di mana-mana

Laman Health Line menyarankan agar menimbang berat badan dengan satu alat yang sama secara konsisten di tempat yang sama dan dalam waktu yang sama.

Menimbang berat badan secara sembarangan dan dilakukan di mana-mana bisa mempengaruhi perubahan hasil dari berat badan yang diperoleh. Jadi sebaiknya tetap menggunakan penimbang badan yang Anda miliki sendiri untuk menjaga hasil yang akurat.

Lakukan tracking

Tracking juga penting untuk menjaga hasil berat badan yang akurat. Setelah melakukan timbang badan di waktu yang sama, jangan lupa untuk mencatat segala hasil yang ditunjukkan oleh mesin timbangan.

Hal tersebut juga berguna untuk membantu Anda mengontrol berat badan. Sehingga Anda tahu apakah program diet yang Anda jalani memberikan dampak baik atau tidak. Jika memungkinkan lakukan juga tracking secara lengkap jika memiliki timbangan yang juga bisa menimbang masa otot dan kandungan air dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News