CLOSE [X]
ads

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membangun Rumah? Simak Jawabannya

Reporter: Dikky Setiawan
Selasa, 28 Juni 2022 | 10:36 WIB
Kapan Waktu yang Tepat untuk Membangun Rumah? Simak Jawabannya

ILUSTRASI. Rata-rata inflasi atau kenaikan harga bahan bangunan bisa berkisar 9% per tahun.


MOMSMONEY.ID - Siapapun mahfum, membangun sebuah hunian tinggal atau rumah tentu membutuhkan waktu tidak sebentar. Sebab, ketika membangun rumah, ada beberapa pekerjaan yang tak dapat dilakukan sekaligus. Jadi, membangun rumah harus dilakukan secara bertahap, bagian per bagian.

Nah, yang sering menjadi pertanyaan adalah, kapan waktu yang tepat untuk menyiapkan anggaran pembangunan rumah?

Menurut Agustina Fitri, perencana keuangan dari OneShildt Financial Planning, tidak ada waktu ideal untuk mempersiapkan anggarannya. "Semua kembali kepada perencanaan Anda, kapan Anda akan membangun rumah," kata Agustina.

Baca Juga: Begini Cara Menyiapkan Anggaran untuk Membangun Rumah Impian

Meski begitu, Agustina mengingatkan, makin panjang waktu untuk mendapatkan bujet minimal, maka semakin besar dana cadangan yang harus Anda sediakan. Soalnya, kata Agustina, tingkat inflasi material bangunan juga harus dihitung. Menurut dia, rata-rata inflasi atau kenaikan harga bahan bangunan bisa berkisar 9% per tahun.

Toh, jika dana yang Anda miliki masih terbatas, bukan berarti Anda harus menunda proses pembangunan rumah. Menurut Imelda, Anda tetap bisa membangun dengan konsep rumah tumbuh. Dalam hal ini, Anda harus meminta pihak kontraktor untuk merancang rumah tumbuh. Dengan begitu, Anda bisa mendahulukan bagian-bagian terpenting dari rumah yang akan dibangun.

Misal, jika Anda memiliki anak dua, cukup membangun dua ruang kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur terlebih dahulu. Sisa lahan bisa Anda manfaatkan kembali pada masa mendatang setelah memiliki dana cukup untuk membangun ruangan lainnya. Contoh, ruang ibadah, ruang makan, dan ruangan lainnya.

Anda siap bangun rumah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER