Kapan usia terbaik untuk menikah? Ini jawaban ilmuwan

Sumber: Kompas.com
Kamis, 10 Juni 2021 | 05:25 WIB
Kapan usia terbaik untuk menikah? Ini jawaban ilmuwan

ILUSTRASI. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang menikah di usia akhir 20-an memiliki kemungkinan bercerai yang paling kecil.

MOMSMONEY.ID - Setiap orang memiliki impian berbeda-beda soal pernikahan. Banyak orang yang mendambakan untuk menikah dan memiliki anak di usia muda dengan berbagai alasannya. 

Di samping itu, tak sedikit pula yang mengingatkan risiko menikah di usia muda, salah satunya adalah rentan terhadap perceraian. 

Mengenai usia yang tepat untuk menikah, sejumlah penelitian yang fokus pada persoalan pernikahan memberikan jawaban untuk hal ini. 

Dilansir dari IFL Science, 13 September 2017, berikut adalah penjelasan mengenai usia terbaik untuk menikah menurut sains. 

Berapa usia terbaik untuk menikah? 

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Institute of Family Studies (IFS), University of Utah, melakukan pengamatan yang cermat melalui tingkat pernikahan dan perceraian di Amerika Serikat (AS). 

Baca Juga: Cara mencegah perceraian dan punya masa pernikahan bahagia

Terkait pernikahan pertama, mereka mengungkapkan bahwa orang yang menikah di usia akhir 20-an memiliki kemungkinan bercerai yang paling kecil. 

Pernikahan di usia remaja memiliki risiko perceraian tinggi. Stigma sosial, pihak keluarga, dan kepribadian masing-masing individu kerap kali memicu perceraian yang cepat. 

Sementara itu, secara rata-rata, tingkat perceraian mulai menurun pada pernikahan di usia 40-an. Data ini didapatkan dari statistik pada tahun 1995. Kemudian, di tahun 2006 hingga 2010, banyak hal yang berubah. 

Baca Juga: Ini dia resep rahasia pernikahan yang langgeng, simak apa saja

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru