HOME, Keluarga

Kapan Sebaiknya Membeli Token Listrik? Baca Penjelasannya di Sini

Kapan Sebaiknya Membeli Token Listrik? Baca Penjelasannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Token listrik adalah layanan listrik prabayar PLN yang menawarkan berbagai keuntungan pada pelanggannya. Sebagai contoh, Anda tidak perlu khawatir dengan  tagihan listrik yang membengkak atau pemadaman listrik yang tiba-tiba karena lupa membayar tagihan listrik.

Akses untuk mendapatkan token listrik pun sangat mudah. Anda cukup melakukan pembelian dan pengisian token lewat berbagai metode yang disediakan PLN, seperti lewat e-commerce, ATM, atau minimarket. Semuanya dapat disesuaikan dengan akses dan kenyamanan Anda.

Namun, ada satu-dua pertanyaan yang mungkin Anda pikirkan. Apakah layanan pembelian dan pengisian token listrik PLN dapat dilakukan 24 jam? Benarkah kita dapat mengisi token listrik saat tengah malam sekalipun?

Baca Juga: Subsidi Listrik PLN Diperpanjang Hingga Desember 2021, Simak Cara Mendapatkannya!

Kapan sebaiknya membeli token listrik?

Menurut informasi dari laman pembelian token listrik PLN di berbagai e-commerce, Anda tidak bisa melakukan pembelian dan pengisian token listrik pada pukul 23.00-01.00 WIB setiap harinya.

Artinya, segala bentuk transaksi pembelian dan pengisian token listrik yang dilakukan lewat metode apapun tidak dapat diproses pada rentang waktu tersebut. Mengapa begitu?

Pasalnya, dalam rentang waktu pukul 23.00-01.00 WIB, server dari PLN sedang melakukan rekonsiliasi data atau pemeliharaan sistem sehingga semua transaksi akan dihentikan dan tidak dapat diproses. Transaksi yang Anda lakukan pun baru dapat diproses di atas pukul 01.00 WIB.

Jadi, sebaiknya Anda melakukan pembelian dan pengisian token listrik di luar pukul 23.00-01.00 WIB.

Baca Juga: Ini Cara Mengisi Token Listrik di Tokopedia, Sudah Tahu?

Bagaimana jika token listrik habis pada tengah malam?

Nah, lalu bagaimana caranya mengatasi permasalahan token listrik yang habis pada tengah malam?

Solusinya, periksa atau cek token listrik Anda secara berkala. Ada beberapa cara yang mudah dan cepat untuk mengecek sisa token listrik, seperti melalui website, aplikasi, hingga meteran di rumah Anda.

Dengan melakukan pemeriksaan atau pengecekan token listrik secara berkala, Anda dapat merencanakan pembelian dan pengisian token listrik selanjutnya. Anda pun tidak perlu khawatir token listrik habis tiba-tiba saat tengah malam.

Solusi lainnya, jika alarm token listrik Anda berbunyi saat mendekati pukul 11 malam, sebaiknya segera lakukan pengisian ulang token sebelum server PLN melakukan pemeliharaan sistem pada pukul 11 malam. Lakukan pembelian melalui e-commerce atau m-banking untuk proses pengisian token yang lebih cepat.

Nah, itulah sekilas informasi tentang waktu yang tepat untuk membeli token listrik dan solusi untuk menghindari token listrik yang habis di saat darurat.

Intinya, lakukan pengecekan token listrik secara rutin dan jangan menunda-nunda untuk membeli token listrik saat alarm meteran sudah berbunyi. Tidak mau kan token listrik habis di saat darurat atau Anda terpaksa bergelap-gelapan di malam hari?

Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya. Selamat mempraktekkan!

Selanjutnya: Simak, Ini Cara Cek Token Listrik PLN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News