HOME, Keluarga

Kapan Sebaiknya Memandikan Kucing Peliharaan?

Kapan Sebaiknya Memandikan Kucing Peliharaan?

MOMSMONEY.ID - Sebagai hewan peliharaan, penting bagi kucing untuk mandi agar kebersihan kulit dan bulunya tetap terjaga. Mandi dengan air bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang tertinggal di bulu, mencegah jamur, kutu, dan bau tak sedap dari tubuhnya.

Namun, memandikan kucing bukan hal yang mudah. Selain kucing mudah rewel, Anda juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk memandikan kucing. Pemilihan waktu ini penting untuk mencegah kucing stres dan masuk angin.

Dilansir dari nationalcatgroomers.com, periode normal mandi untuk kucing secara teratur dilakukan dalam 4-6 minggu sekali. Jangka waktu ini sudah cukup menjaga bulu-bulu kucing tetap baik dan sehat. Selama menunggu waktu yang normal ini, Anda cukup menyisir atau menyikat bulu kucing setiap minggu untuk menyingkirkan kotoran dan bulu-bulu yang rontok.

Baca Juga: Cara Kucing Berkomunikasi Dengan Sesama Kucing dan Manusia

Adapun, waktu terbaik untuk memandikan kucing, melansir proplan.co.id, yaitu pada pukul 10.00-16.00. Mandikan kucing saat matahari masih terang. Sebab, bila tidak, suhu udara akan lebih dingin dan dapat menyebabkan kucing kedinginan dan jatuh sakit.

Selain memperhatikan soal waktu, Anda juga harus memperhatikan suhu air yang digunakan untuk kucing mandi. Jangan berikan air yang terlalu dingin, tetapi jangan juga berikan yang terlalu panas. Mandikan kucing dengan suhu hangat yang nyaman.

Setelah selesai memandikan kucing, jangan lupa untuk langsung mengeringkannya dengan handuk. Jika kucing Anda cukup tenang dengan hal ini, Anda bisa melanjutkan mengeringkannya dengan hairdryer agar bulu kucing cepat kering dan tak menjadi bau pengap.

Selanjutnya: Bahaya Mengonsumsi Bawang Bagi Kucing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News