Santai

Kapan Hari Raya Cap Go Meh 2023 Berlangsung? Yuk, Pahami Artinya Juga

Kapan Hari Raya Cap Go Meh 2023 Berlangsung? Yuk, Pahami Artinya Juga

MOMSMONEY.ID - Hari Raya Tahun Baru Imlek telah berlalu, kini saatnya menunggu perayaan Cap Go Meh. Kapan perayaan Cap Go Meh akan diperingati? Apa arti Cap Go Meh? 

Jika Anda bertanya Cap Go Meh kapan, maka Cap Go Meh diperingati malam ke-15 setelah perayaan Tahun Baru Imlek.

Melansir Kompas.com, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia Provinsi DKI Jakarta Glenn Wijaya menjelaskan, Cap berarti 10, Go berarti 5, dan Meh berarti malam. Maka Cap Go Meh artinya malam ke 15 dan diperingati pada malam ke-15 setelah Imlek.

Sehingga, kapan Cap Go Meh akan dirayakan, jawabannya pada tanggal 5 Februari 2023. Mengutip China Highlights, Cap Go Meh biasanya akan jatuh pada 4 Februari-6 Maret kalender masehi.

Jadi, Anda tak perlu bingung lagi 5 Februari 2023 diperingati sebagai hari apa. Bagi warga keturunan Tionghoa, tanggal itu diperingati sebagai Cap Go Meh. 

Baca Juga: Begini Cara Dapat Promo Imlek KAI, Tiket Eksekutif Hanya Rp 200.000

Setelah perayaan Cap Go Meh, segala larangan di tahun baru Imlek sudah tidak berlaku lagi. Hiasan tahun baru Imlek juga akan dicopot. 

Di China, Cap go Meh dikenal dengan istilah Yuan Xiao atau Festival Lampion. Menurut laman Chinese New Year, Cap Go Meh sudah dirayakan sejak 2000 tahun yang lalu.

Perayaan ini pada mulanya ditetapkan oleh Kaisar Wu sebagai hari ritual pemujaan Taiyi yang dikenal sebagai salah sati dewa penguasa alam semesta. 

Kemudian, setelah Kaisar Wu lengser, Kaisar Wen memperingati Cap Go Meh sebagai hari perdamaian. Sebab, setelah pemerintahan Kaisar Wu, banyak terjadi kerusuhan dan akhirnya kembali damai setelah Kaisar Wen memimpin.

Kaisar Ming, seorang Buddhis yang taat mendengar para biksu, akan menyalakan lilin pada tanggal 15 untuk sang Buddha. Dia kemudian memerintahkan istana dan kuil ikut menyalakan lilin dan warga menggantung lentera.

Baca Juga: Angka Keberuntungan dan Kesialan Berbagai Shio di Tahun 2023

Dari beberapa peringatan tersebut, maka kini Cap Go Meh dikenal sebagai Festival Lampion. Festival ini kini diperingati dengan berkumpul kembali alias reuni, menyalakan lampion dan memberikan teka-teki di lampion. Ada juga tarian naga atau liong serta tarian singa atau barongsai. 

Pada perayaan ini, penduduk Cina menyebutnya sebagai Hari Valentine. Lantaran, pada zaman dulu warga perempuan tak boleh keluar, kecuali pada Cap Go Meh.

Alhasil, pada kesempatan ini, para perempuan di China bisa bebas berjalan di luar dan bertemu dengan para pria.

Di Indonesia, perayaan ini juga dilakukan dengan festival yang sama dibarengi dengan hidangan lontong Cap Go Meh. Makanan ini meruapakan adaptasi peranakan Tionghoa dengan masakan Jawa.

Lontong Cap Go Meh disajikan dengan opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati,a car, telur pindang, abon sapi, bubuk koya, sambal, dan kerupuk.  

Baca Juga: Ini Lo Bedanya Pengucapan Lunar New Year vs Chinese New Year

Namun di China, hidangan yang disajikan biasanya disebut Tang Yuan atau bola-bola nasi. Makanan ini mirip dengan bola-bola beras nasi yang ada pada minuman ronde. Karena berbentuk bulat, masakan ini akhirnya diadaptasi menjadi nasi di Indonesia. 

Demikian informasi mengenai kapan hari raya Cap Go Meh diperingati. Perayaan hari terakhir tahun baru Imlek ini diperingati pada 5 Februari 2023, yakni malam ke-15 setelah perayaan Imlek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News