Santai

Kapan Anak Kucing Membuka Mata? Simak Tips Perawatan Anak Kucing Baru Lahir

Kapan Anak Kucing Membuka Mata? Simak Tips Perawatan Anak Kucing Baru Lahir

MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang mengetahui tentang kapan anak kucing membuka mata setelah baru lahir. Biasanya, anak kucing membuka mata tak butuh waktu lama. 

Ada beberapa perawatan anak kucing baru lahir terutama saat anak kucing membuka mata. 

Tidak butuh waktu lama bagi anak kucing membuka mata. Sebagian besar anak kucing membuka mata pada usia 7 hingga 10 hari. 

Kemudian pada usia dua minggu, anak kucing membuka mata dengan lebar. Tentu saja, tidak ada dua anak kucing yang persis sama. 

Jadi, beberapa mungkin membuka mata mereka sedikit lebih lambat dari yang lain dan beberapa mungkin membuka satu mata sebelum yang lain dan kemudian membalikkan prosesnya.

Lalu kapan anak kucing membuka mata dan bisa melihat?

Mengutip All Bay Animal Hospital, Anak kucing berkembang pada tingkat yang berbeda tergantung pada sejumlah faktor, tetapi kebanyakan bayi yang baru lahir akan mulai membuka mata mereka antara usia 2-16 hari.

Baca Juga: Jenis dan Harga Kucing Munchkin, Begini Cara Merawatnya bagi Pemula

Penglihatan mereka perlahan membaik selama waktu ini, meskipun kedua mata mungkin tidak sepenuhnya terbuka pada kecepatan yang sama.

Pada usia sekitar 2 minggu, kedua matanya biasanya melebar dan pada usia 3 minggu, banyak anak kucing yang dapat fokus dengan kedua matanya.

Semua anak kucing yang baru lahir memiliki mata biru, dan warna matanya akan berubah seiring bertambahnya usia anak kucing, biasanya warna aslinya akan berubah pada usia sekitar 8 minggu.

Ada hal yang harus dihindari, usahakan anak kucing Anda berada di ruangan yang gelap jauh dari cahaya terang yang berpotensi merusak matanya yang sedang berkembang.

Anak kucing hitam

Penting juga untuk menjaga anak kucing tetap bersih dan sehat. Jika anak kucing itu yatim piatu dan mama kucing tidak bisa ditemukan di mana pun, ia harus diberi susu formula dengan formula anak kucing yang seimbang. 

Dan, yang terpenting, jangan pernah mencoba memaksa mata anak kucing terbuka sebelum mereka siap. Bersabarlah dan biarkan alam mengambil jalannya.

Baca Juga: Ide Nama Kucing Lucu Terinsipirasi dari Anime, Berikut Rekomendasinya

Tips Perawatan Anak Kucing Baru Lahir 

1. Tempat tidur 

Sediakan tempat tidur empuk dari bahan berlapis seperti selimut bulu domba, dan pertimbangkan untuk membuat tempat tidur kucing. 

2. Makanan

Merek Makanan Kucing

Jika ibu kucing tidak ada untuk menyusui, Anda harus memberi susu botol kepada bayi yang baru lahir dengan susu formula khusus. Bicaralah dengan dokter hewan Anda untuk memilih yang tepat. Jangan pernah memberi makan anak kucing sembarangan. 

Setelah ia benar-benar disapih, berikan makanan anak kucing yang diformulasikan khusus untuk membantunya mengembangkan tulang, mata, dan otot yang kuat.

3. Melatih di litter box

Elemen penting dari perawatan anak kucing yang baru lahir adalah pelatihan kotak pasir.

Baca Juga: Inilah Waktu Terbaik Steril Kucing Jantan dan Betina

4. Perawatan diri

Menyikat bulunya dan memangkas cakarnya adalah dua elemen penting dalam perawatan anak kucing yang baru lahir, dan semakin cepat Anda memulai perawatan rutin kucing. 

5. Kesehatan 

Para ahli merekomendasikan agar anak kucing yang baru lahir segera menemui dokter hewan sesegera mungkin, sebaiknya pada minggu pertama atau kedua setelah lahir, sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan.

6. Steril 

Menurut Cornell University College of Veterinary Medicine, sebagian besar anak kucing disterilkan (betina) atau dikebiri (jantan) pada usia sekitar enam bulan, tetapi ada kasus di mana dokter hewan dapat merekomendasikan prosedur ini pada usia lebih dini.

Nah itulah penjelasan tentang kapan anak kucing membuka mata beserta tips perawatan anak kucing baru lahir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News