HOME, Bugar

Kandungan Skincare yang Ampuh Untuk Jerawat, Apa Saja Ya?

Kandungan Skincare yang Ampuh Untuk Jerawat, Apa Saja Ya?

MOMSMONEY.ID - Memilih skincare yang ampuh untuk jerawat rasanya sulit ya, Moms. Kulit berjerawat butuh perhatian ekstra dalam merawatnya. Salah menggunakan skincare atau sembarangan dalam merawat, bisa-bisa jerawat di kulit wajah kita malah meradang atau meninggalkan bekas kehitaman.

Jangan khawatir, Moms. Sekarang sudah banyak produk skincare dengan kandungan tertentu yang ditujukan untuk merawat kulit berjerawat. MomsMoney sudah merangkum beberapa kandungan skincare yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

Baca Juga: Memahami Purging pada Kulit Wajah Setelah Pemakaian Skincare

Dilansir dari Elle, Krave Beauty, dan Insider, yuk simak kandungan skincare apa saja yang ampuh untuk jerawat!

Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide banyak digunakan sebagai skincare khusus kulit berjerawat karena memiliki fungsi antibakteri.

Benzoyl peroxide bekerja dengan cara melawan bakteri penyebab jerawat, sehingga bisa mengurangi whiteheads dan mengurangi breakout yang terjadi di kulit wajah.

AHA dan BHA

AHA dan BHA adalah 2 bahan skincare yang dikenal ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat.

Keduanya merupakan chemical exfoliant yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah sel kulit mati terangkat, maka produksi sel kulit baru akan meningkat dan membantu mengurangi jerawat di kulit wajah.

Perbedaannya, AHA termasuk zat yang water-soluble, sehingga hanya bisa membersihkan permukaan kulit. BHA bersifat oil-soluble yang cocok digunakan kulit berminyak karena bisa membantu membersihkan pori-pori tersumbat dan minyak berlebih yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Baca Juga: Catat, Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur

Retinol

Retinol bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang sehat.

Karena kemampuannya tersebut, retinol disebut dapat membantu mengecilkan ukuran jerawat dan mengurangi blackheads serta whiteheads yang seringkali menjadi pemicu jerawat di kulit wajah.

Tea tree oil

Tea tree oil memiliki fungsi antiinflamasi dan antibakteri. Artinya, tea tree oil bisa membantu meredakan jerawat yang meradang dan mengempiskannya.

Selain itu, tea tree oil membantu melawan bakteri penyebab jerawat sehingga mengurangi jerawat yang muncul di kulit wajah.

Baca Juga: Minuman Bunga Telang, Simak Cara Membuat dan Manfaatnya

Niacinamide

Niacinamide terkenal sebagai kandungan skincare yang bisa membantu mencerahkan wajah.

Namun, ternyata bahan yang satu ini juga bisa membantu permasalahan jerawat lo, Moms. Niacinamide bisa membantu meredakan peradangan akibat jerawat.

Selain itu, niacinamide bisa membatasi produksi sebum atau minyak alami di wajah, sehingga tidak terjadi kelebihan minyak di wajah yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Moms, itu tadi kandungan skincare yang bisa membantu permasalahan jerawat di kulit wajah. Gunakan sesuai kebutuhan kulit Moms, ya!

Selanjutnya: Gua Sha, Beauty Tools Viral Bantu Tiruskan Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News