HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Terong merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari orang. Terong memiliki beragam jenis yang bervariasi dalam ukuran dan warna. 

Berdasarkan sebuah jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, terong dengan kulit ungu tua adalah yang paling umum. Di luar itu ada juga varian terong lainnya dengan warna merah, hijau atau bahkan hitam. 

Selain menghadirkan tekstur unik dan rasa yang nikmat, terong membawa sejumlah manfaat untuk tubuh dan kesehatan. Belum banyak yang tahu bahwa manfaat terong untuk kesehatan ternyata beragam.

Tidak hanya vitamin, mineral dan serat di dalamnya juga menjadi sumber manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Ini Bisa Menyembuhkan Bibir Pecah-Pecah

Berikut ini beberapa manfaat dan kandungan nutrisi dalam terong yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Melancarkan pencernaan

Terong mengandung banyak serat yang tidak hanya melindungi organ pencernaan dari risiko kanker, tetapi juga membantu kelancaran pencernaan. Alhasil, buang air besar tidak terhambat, aktivitas pun berjalan dengan lancar.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien membuat manfaat terong begitu besar bagi kesehatan jantung Anda. Selain itu, flavonoid atau pigmen larut air pada terong bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, salah satu jenis flavonoid yang ampuh untuk melindungi jantung adalah antosianin.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat terong dengan kaya serat dan rendah kalori, menjadikannya tambahan yang sangat baik untuk program penurunan berat badan yang mungkin sedang Anda jalani. 

Serat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang dan kenyang, mengurangi asupan kalori. Setiap cangkir (82 gram) terong mentah mengandung 3 gram serat dan hanya 20 kalori.

4. Mengendalikan kadar kolesterol

Sebuah studi yang terdapat di jurnal Phytotherapy Research menunjukkan bahwa rutin makan terong bisa membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol. Pasalnya, terong kaya kandungan senyawa asam klorogenat.

Senyawa ini terbukti mampu menurunkan berat badan serta kadar kolesterol jahat atau LDL (lipoprotein densitas rendah) dalam tubuh.

5. Membantu mencegah kanker

Terong ungu mengandung polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Sementara itu, komponen lain dalam terong juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tidak mengherankan jika salah satu manfaat tersembunyi dari terong ungu adalah mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.

Baca Juga: Selain Redakan Kanker, Inilah 5 Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah melihat berbagai manfaat terong ungu untuk kesehatan, Anda tentu sudah tidak ragu lagi untuk menambahkannya ke dalam menu harian. Perhatikan juga cara mengolahnya, agar tidak kehilangan banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News